Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baju Adat Riau Ada di Uang Baru Rp 75.000, Gubernur Syamsuar: "Surprise" buat Kami

Kompas.com - 18/08/2020, 15:50 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencetak uang baru pecahan Rp 75.000 khusus dalam rangka peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia (RI).

Tapi siapa sangka, satu dari sembilan anak yang ada dalam lembaran uang baru memakai baju adat, ternyata memakai baju adat Melayu Riau.

Anak yang memakai baju khas Melayu Riau itu berada di posisi kedua dari kiri di samping anak yang memakai pakaian adat Aceh.

"Ini merupakan surprise (kejutan) bagi kami. Sebagai masyarakat Bumi Langcang Kuning kami bangga. Di mana pada uang pecahan Rp 75.000 ini ada salah satu anak Riau dengan pakaian Melayu terlihat di sana," ucap Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Kisah Pemburu Uang Baru Rp 75.000, Tukar di Bandung hingga Full Booked

Syamsuar juga telah menerima secara simbolis mata uang Rp 75.000 yang diserahkan oleh BI Perwakilan Riau, Senin (17/8/2020) kemarin.

Dia mengatakan, pada pecahan uang Rp 75.000 terdapat sembilan anak-anak dari beberapa daerah di Indonesia dan semuanya berusia 10 tahun.

"Saya harap nantinya pada 100 tahun kemerdekaan Indonesia, anak-anak ini termasuk generasi muda milenial yang menguasai digital," ujar Syamsuar.

Baca juga: Uang Pecahan Baru Rp 75.000 di Bandung Ludes dalam Beberapa Menit

Mantan Bupati Siak dua periode ini menambahkan, dipilihnya anak Riau lengkap dengan pakaian adat Melayu untuk ditampilkan di uang kertas pecahan Rp 75.000 membuktikan bahwa pemerintah pusat melihat dari budaya dan sejarah di Riau.

"Riau punya sejarah di mana salah satu pahlawan nasional, yakni Sultan Syarif Kasim berasal dari Riau. Beliau ini berjasa untuk perjuangan bangsa dan negara kita ini, dan juga pernah menyerahkan 13 juta golden untuk perjuangan Indonesia," cerita Syamsuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com