Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 15.000 Pendaki Padati Gunung Bawakaraeng Sulsel, 1 Tewas

Kompas.com - 17/08/2020, 15:11 WIB
Abdul Haq ,
Khairina

Tim Redaksi

GOWA, KOMPAS.com - Demi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), 15.228 pendaki memadati Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Satu pendaki tewas dan dievakuasi ke kaki gunung.

Membeludaknya pendaki yang datang dari berbagai daerah ini mengakibatkan polisi harus menutup jalur pendakian dan mengalihkannya ke jalur pendakian lainnya.

"Hingga pukul 09.00 Wita pagi tadi tercatat sebanyak 15.228 pendaki yang datang dan karena membeludaknya pendaki maka kami menutup jalur pendakian utama menuju puncak dan mengalihkan ke jalur pendakian lainnya," kata  Kapolsek Tinggimoncong AKP Hasan Fadly yang dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (17/8/2020).

Baca juga: 2 Pendaki Tewas di Gunung Piramid, Pendakian Diusulkan Ditutup

Satu pendaki bernama Wawan Kurniawan (16), warga Lingkungan, Batupangka, Kelurahan Palampang, Kecamatan Rilauale, Kabupaten Bulukumba tewas di jalur pendakian Pos 9 pada  Senin (17/8/2020), pukul 14.00 Wita.

Jenazah korban dievakuasi oleh tim SAR ke kaki gunung dan selanjutnya dievakuasi ke Puskesmas Tinggimoncong.

"Kami mendapat laporan bahwa korban mengalami hiportermia atau kedinginan dan saat ini jenazah korban telah berhasil kami evakuasi," kata Humas Basarnas Makassar Hamsidar, melalui pesan singkat.

Baca juga: Isuzu Elf Bawa 17 Pendaki Gunung Lawu dari Jakarta Tabrak Tebing, 1 Tewas

Korban diketahui melakukan pendakian bersama 9 rekannya melalui jalur Tassoso, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai pada Minggu (16/8/2020) hingga akhirnya mengalami hiportermia di Pos 9.

"Korban mendaki melalui jalur Tasosso dan dilaporkan mengalami hipotermia hingga akhirnya meninggal dunia," kata AKP Hasan Fadly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com