Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Sang Putra Sulung Ingin Jadi Calon Pengganti Risma di Pilkada Surabaya

Kompas.com - 15/08/2020, 15:30 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Bernardi berencana untuk maju sebagai calon wakil walu kota di Pilkada Surabata 2020.

Bahkan ia menyebut telah siap jika DPP PDI-P memberikan rekomendasi pada dirinya. Fuad sendiri telah tercatat sebagai kader DPD PDI-P Perjuangan Kota Surabaya.

Pada Pilkada tahun 2015 lalu, Fuad langsung turun di lapangan untuk menggalang dukungan untuk sang ibu yang saat itu menjadi calon wali kota petahana Surabaya.

Kala itu, Fuad dan komunitas relawannya berkeliling kampus untuk menyosialisasikan program-program Risma.

Baca juga: Ini Tujuan Anak Risma Niat Maju Pilkada Surabaya

Bahkan Fuad sempat mendaftarkan secara resmi relawannya yang bernama Pemuda Produktif, Inspiratif, Solutif (Pemuda PIS) ke posko pemenangan di Kantor PDI-P Surabaya.

Relawan yang begabung bersama Fuad adalah berasal dari berbagai kampus dan komunitas yang ada di Surabaya.

"Di kegiatan tersebut, kami juga akan mensosialisasikan Pilwali Surabaya sekaligus program Risma-Wisnu yang sudah terbukti berhasil memajukan Surabaya," kata dia kala itu, Kamis (5/11/2015).

Baca juga: Putra Sulung Risma: Saya Sudah Siap Jika Direkom PDI-P Jadi Calon Wakil Wali Kota Surabaya

Meminta agar ibu tak maju di Pilgub DKI

Ilustrasi pilkadaKOMPAS/TOTO SIHONO Ilustrasi pilkada
Pada tahun 2017 lalu, Fuad sempat meminta kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati agar tak memberikan instruksi kepada ibunya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jkarta pada Pemilihan Kepala Daerah 2017.

"Saya sangat berharap Ibu Megawati tidak merekomendasikan Ibu Risma untuk maju ke Pilgub DKI. Ibu (Risma) masih dibutuhkan di Surabaya," kata Fuad saat dikonfirmasi, Kamis (11/8/2016).

Fuad mengungkapkan bahwa wacana pencalonan itu sempat disampaikan Risma kepada keluarganya.

Baca juga: Putra Sulung Risma: Saya Sudah Siap Jika Direkom PDI-P Jadi Calon Wakil Wali Kota Surabaya

Namun, Risma menyatakan masih tetap ingin di Surabaya sesuai komitmen yang dibuat bersama Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat terpilih kedua kalinya beberapa waktu lalu.

Saat ditanya warga Surabaya perihal tersebut. Fuad selalu memastikan bahwa ibunya akan tetap di Surabaya hingga lima tahun ke depan.

"Banyak warga yang tanya ke saya usai terpilih kemarin," kata dia.

Baca juga: Putra Sulung Risma Siap Dicalonkan Jadi Wakil Wali Kota Surabaya dari PDI-P

Sempat diperiksa di kasus amblesnya Jalan Gubeng

Fuad Bernardi, putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini siap dicalonkan jadi Wakil Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020.istimewa Fuad Bernardi, putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini siap dicalonkan jadi Wakil Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020.
Pada tahun 2019 lalu, Fuad putra Sulung Wali Kota Risma sempat diperiksa penyidik Polda Jatim di kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya pada Selasa (26/3/2019).

Dia diperiksa terkait perizinan proyek basement Rumah Sakit Siloam yang disebut menjebabkan amblesnya Jalan Gubeng Surabaya sedalam kurang lebih 10 meter pada 17 Desember 2018 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com