Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Sekolah Muncul di Rembang, Berawal dari Guru yang Jadi Petugas Pemilu

Kompas.com - 14/08/2020, 18:09 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

REMBANG, KOMPAS.com  - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menjadi klaster baru penyebaran Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Pembangunan Covid-19 Kabupaten Rembang menyatakan sekolah itu sebagai klaster baru setelah 11 guru di sekolah itu terinfeksi virus corona.

"Total ada 11 guru positif Covid-19 di SMKN I Gunem dan ini klaster. Meski demikian hingga saat ini 11 guru sudah dinyatakan negatif Covid-19. 11 guru ini sudah diberikan surat keterangan bebas Covid-19," kata Humas Gugus Tugas Percepatan Pembangunan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Muncul Klaster Sekolah, Pemprov Jateng Diminta Setop KBM Tatap Muka

Dijelaskan Arief, klaster Covid-19 di SMKN I Gunem bermula dari salah satu guru yang terlibat dalam Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pilkada Rembang.

Saat itu yang bersangkutan mengikuti rapid test dengan hasil reaktif, menyusul kemudian hasil swab-nya positif Covid-19.

"Nah padahal sebelumnya yang bersangkutan sempat ke sekolah untuk persiapan penerimaan siswa baru, sehingga dilakukan tracing kepada guru yang kontak erat," terang Arief.

Petugas GTPP Covid-19 Kabupaten Rembang kemudian melakukan tes usap tenggorokan untuk mendeteksi Covid-19 dengan menyasar 25 orang guru SMKN I Gunem.

Baca juga: Klaster Sekolah Bermunculan, Ini Komentar Satgas Covid-19

Selanjutnya pada 27 Juli 2020 hasil swab keluar dan menyatakan 10 orang guru terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dengan bertambah 10 guru positif Covid-19, maka total 11 guru positif Covid-19. 11 guru positif Covid-19 ini kemudian menjalani isolasi mandiri hingga dinyatakan sembuh," kata Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com