Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tingkatkan Kemampuan Petugas Indra, Dompet Dhuafa Gelar Workshop Pemeriksaan Mata Dasar

Kompas.com - 13/08/2020, 21:10 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Mata Achmad Wardi, Badrus Sholeh mengatakan, keterbatasan keterampilan tenaga medis khususnya petugas indra dapat mempersulit terdeteksinya penderita katarak.

"Kondisi penderita katarak juga akan menjadi lebih buruk apabila tidak segera ditangani,” kata Achmad, Selasa (11/8/2020).

Untuk mencegah itu, lanjut Achmad, RS Mata Achmad Wardi bersama Badan Wakaf Indonesia (BWI) Dompet Dhuafa (DD) menyelenggarakan workshop Pemeriksaan Mata Dasar di Wilayah Kota Serang.

"Workshop tersebut dilaksakan untuk memberikan edukasi, wawasan dan keterampilan kepada dokter umum dan petugas indra di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terkait pemeriksaan mata dasar," jelasnya.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan Tokopedia Gelar Rapid Test Massal bagi Dhuafa di 17 Provinsi

Kegiatan pelatihan itu sendiri diikuti 32 peserta dari seluruh perwakilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Kota Serang.

"Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dibekali materi mengenai gejala katarak, retina hingga pemeriksaan mata secara langsung dengan menggunakan alat yang disediakan dalam workshop oleh RS Mata Achmad Wardi," tuturnya.

Peserta juga, kata dia, dibekali langsung oftalmoskop atau alat untuk memeriksa bagian dalam mata secara gratis dari RS Mata Achmad Wardi BWI-DD.

"Tujuanya, sebagai penunjang pemeriksaan mata dasar kepada para pasien yang memeriksakan kesehatan mata," sambungnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Jadi Momentum Dompet Dhuafa untuk Berinovasi

Pada kesempatan itu, Achmad juga turut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan itu. 

Ia berharap kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan sehingga para petugas medis dapat melakukan diagnosis katarak yang akurat.

Pelatihan tersebut juga bermanfaat bagi dokter umum dari puskesmas seluruh Kota Serang untuk menambah pengetahuan dan skill dalam pemeriksaan gangguan mata yang dialami masyarakat.

Meski demikian, ia mengaku, peran dari pemerintah Kota Serang sangat dibutuhkan khusunya dinas terkait, seperti dinas kesehatan untuk menyelenggarakan acara ini.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa Telah Sebar 1.000 Bilik Disinfeksi

"Ke depannya, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD akan terus mendukung program pemerintah dengan mengadakan workshop seperti ini," kata Achmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com