105 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Banjar Kalsel Terpapar Covid-19

Kompas.com - 13/08/2020, 20:47 WIB
Ilustrasi tenaga medis KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi tenaga medis

MARTAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 105 tenaga kesehatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ( Kalsel), terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Diauddin mengatakan, 105 tenaga kesehatan tersebut kebanyakan terinfeksi saat menangani pasien di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan.

"Memang mereka ini berhadapan dengan pasien, jadi curiganya terinfeksi ke sana, walaupun tidak menutup kemungkinan dapatnya dari tempat lain," ujar Diauddin saat dikonfirmasi, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Sudah 2 Kepala Dinas di Banjar Kalsel Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Covid-19

Menurut Diauddin, angka ini cukup tinggi karena skalanya hanya mencakup satu kabupaten saja.

Tidak hanya tenaga kesehatan, orang-orang yang bekerja di fasilitas kesehatan kata dia juga banyak yang terinfeksi Covid-19.

Seperti tenaga administrasi, ahli gizi, bahkan petugas keamanan rumah sakit maupun puskesmas.

"Tidak hanya tenaga kesehatan ya, tapi ada juga profesi lain yang bekerja di fasilitas maupun pelayanan kesehatan," tegasnya.

Baca juga: Kadisdik Kabupaten Banjar Kalsel Meninggal Setelah Terinfeksi Covid-19

Hingga saat ini, ujarnya, sebagian tenaga kesehatan tersebut sudah dinyatakan sembuh dan telah kembali bekerja seperti biasa.

"Masih ada yang menjalani karantina, tapi sebagian besar sudah sembuh dan sudah bekerja kembali," ujarnya.

Diauddin juga menegaskan, walaupun banyak tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19, tak ada satupun yang meninggal dunia.

"Mereka yang terinfeksi ini tanpa gejala sehingga hanya menjalani karantina khusus maupun isolasi mandiri," tutup dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X