Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Papua Kirim 3 Pejabat untuk Ungkap Pembunuhan Staf KPU Yahukimo

Kompas.com - 12/08/2020, 15:08 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polda Papua menurunkan tiga pejabat utamanya ke Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, untuk membantu pengungkapan kasus terbunuhnya Staf KPU Yahukimo, Hendry Jovinski.

Korban tewas pada Selasa (11/8/2020) siang setelah memperoleh lima luka tusukan senjata tajam di bagian punggung, dada dan leher.

"Keseriusan Polda menyelesaikan kasus ini terlihat dari diturunkannya Dirkrimum Polda Papua, Kasat Brimob dan Dir Intel beserta anggota ke sana untuk membackup pengungkapan kasus itu," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Kronologi Penyerangan Staf KPU Yahukimo, Korban Dicegat dan Ditikam dari Belakang

Menurut dia, tiga pejabat utama tersebut juga didampingi oleh tim penyidik Polda Papua untuk mempercepat proses penangkapan para pelaku.

Kamal mengklaim, saat ini polisi telah memiliki ciri-ciri salah satu dari dua pelaku pembunuhan tersebut.

"Kami belum dapatkan data kongkrit apakah (pelaku) KKB atau KNPB, masih kami dalami. Semua informasi masih kami tampung dan dalami, dari ciri-ciri rambut gimbal dikenali oleh saksi," kata dia.

"Saksi mengenal pelaku, wajahnya tidak asing tapi namanya tidak tahu, sering ketemu dan lihat," sambung Kamal.

Jenazah korban kini sudah dalam perjalan ke Yogyakarta setelah sebelumnya telah dimandikan dan dishalatkan di Jayapura.

Baca juga: Staf KPU Yahukimo Tewas Dibacok, Arief Budiman Harap Pelaku Dapat Hukuman Setimpal

Diberitakan sebelumnya, seorang staf KPU Yahukimo, Hendri Jovinski tewas dibacok orang tak dikenal (OTK) di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (11/8/2020) siang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, dari keterangan saksi berinisial KM yang bersama korban saat itu, pelaku bercelana loreng dan berambut gimbal.

Adapun KM bersama korban mengendarai sepeda motor dalam perjalanan kembali ke Dekai. Mereka baru kembali mengantar obat untuk rekannya, KP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com