Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak STO Telkom Terbakar, Koneksi Telkomsel di Bangka Belitung Ikut Terganggu

Kompas.com - 11/08/2020, 19:52 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pelanggan Telkomsel di wilayah Kepulauan Bangka Belitung ikut merasakan dampak terhentinya koneksi jaringan, Selasa (11/8/2020) gara-gara terbakarnya gedung Telkom di Pekanbaru, Riau. 

Gangguan koneksi yang dirasakan warga meliputi jaringan data android, panggilan telepon dan pesan singkat (SMS).

"Jaringan data 4G hilang, hanya sesekali muncul. Sementara saat menelpon tidak tersambung dan muncul tulisan emergency calls only," kata Fitrah, warga Kampak, Pangkalpinang kepada Kompas.com sekitar pukul 17.30 WIB.

Baca juga: Telkomsel di Pekanbaru Lumpuh Total akibat Gedung Telkom Terbakar, Warga Beralih Jaringan

Sejumlah warga lainnya juga mengeluhkan kondisi serupa. Panggilan telepon bermasalah untuk wilayah dalam daerah maupun antar daerah.

"Tadi saya coba untuk mencoba kontak keluarga masih di wilayah Pangkalpinang juga tidak bisa," ujar Emzanimar, warga Pinang Mas 2 Pangkalpinang.

Sedangkan pelanggan Telkomsel  lainnya mengaku memiliki dua nomor Telkomsel. Satu nomor tidak terkoneksi untuk melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Gedung Telkom di Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telkomsel Mati Total

Sedangkan nomor satunya lagi masih bisa terhubung ke jaringan data internet.

"Kabarnya ini karena dampak kantor Telkom yang terbakar. Tapi informasi-nya masih simpang siur. Yang kami tahu kan pemancarnya di atas bukit biasanya," ujar Esa yang berprofesi sebagai guru di Pangkalpinang.

Penjelasan Telkomsel

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, membenarkan adanya gangguan layanan Telkomsel di Pekanbaru akibat kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru.

Menurut Denny, akibat kejadian itu layanan panggilan suara dan SMS Telkomsel di Pekanbaru tidak bisa diakses sama sekali. Selain itu, ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera.

Baca juga: Gedung Telkom Terbakar di Pekanbaru, Jaringan Telkomsel Mati Total hingga Aceh

Saat ini, tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," ujar Denny melalui keterangan tertulis ke Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Kebakaran Gedung Telkom Pekanbaru Sudah Dipadamkan, yang Terbakar Bagian Pengaturan Jaringan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com