Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kali Olah TKP, Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran di Kantor Dinkes Sulsel

Kompas.com - 10/08/2020, 16:48 WIB
Himawan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Polisi memastikan penyebab kebakaran kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, murni karena korsleting listrik. 

Kasubag Humas Polrestabes Makassar Kompol Supriady Idrus mengatakan, kesimpulan ini berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik Polri cabang Makassar sebanyak tiga kali.

Korsleting tersebut terjadi di ruang Kasubag Keuangan Dinkes Sulsel. Api yang membesar menjalar hingga ke sejumlah ruangan lainnya di lantai 2.

"Ada arus pendek di ruang tengah lantai dua, lokasi api pertama ruang bagian keuangan Dinkes Sulsel, tepatnya di sekitar jendela," kata Supriady saat diwawancara di Mapolrestabes Makassar, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Terbakar, Ruangan Kadis Ikut Hangus

Supriady menambahkan, dari hasil uji laboratorium forensik di lokasi awal mula api, tidak ditemukan adanya abu dan sisa material dari bahan yang mengandung hidrokarbon.

Polisi hanya menemukan barang bukti berupa rel sakelar yang lubangnya korslet, pelat besi hingga dua buah komputer bekas yang terbakar.

"Kalau unsur kesengajaan belum bisa dipastikan. Namun penyelidikan tetap berjalan. Hasil labfor itu juga jadi bahan tambahan untuk penyelidikan," imbuh pria yang akrab disapa Edhy itu.

Sejak setelah kebakaran yang terjadi dua hari berturut-turut itu, polisi telah memeriksa belasan saksi untuk mengetahui dugaan penyebab kebakaran itu.

Namun, penyidik belum memeriksa Kadis Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari.

"12 orang yang diperiksa mulai dari kepala bagian keuangan, staf-staf dari beberapa ruangan yang terbakar juga sekuriti dan cleaning service saksi yang pertama kali melihat," ucap Supriady.

Baca juga: Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Kian Meluas, Drone Dikerahkan Awasi Pelaku Pembakaran

Sebelumnya diberitakan Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mengalami kebakaran hebat pada Kamis (30/7/2020) pagi.

Api melalap sebagian gedung yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Kepala Bidang Operasional Dinas Damkar Makassar Hasanuddin mengatakan, dari laporan yang diterima, kebakaran tersebut diduga terjadi pada 05.30 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com