Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowes di Borobudur dengan Brompton, Artis dan Anggota DPR Promosi Wisata

Kompas.com - 09/08/2020, 16:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sejumlah pekerja seni atau artis ibu kota dan anggota DPR RI yang tergabung dalam 48bersepeda melakukan aksi sosial sekaligus promosi wisata di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (9/8/2020).

Mereka mengayuh sepeda Brompton berkeliling dengan rute dari Balkondes Ngadiharjo di kaki pegunungan Menoreh, Candi Pawon, Candi Mendut, Candi Borobudur dan lokasi lainnya.

Tak sekadar gowes, mereka memiliki misi mempromosikan kembali destinasi wisata di kawasan tersebut yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 sekitar 6 bulan belakangan.

Wisata yang bangkit di era adaptasi kebiasaan baru maka akan menumbuhkan lagi perekonomian masyarakat khususnya para pelaku wisata.

"Tujuan kita mempromosikan wisata di kawasan Candi Borobudur, bahwa di new normal ini destinasi wisata di sini sudah siap, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar salah satu pegowes Abdul Kadir Karding, yang juga anggota DPR RI, di sela-sela kegiatan.

Baca juga: Mengulik Cerita Bajingan, Kudapan Merakyat di Pelosok Borobudur

Karding berharap, dunia pariwisata menggeliat lagi dan akan berkembang lebih maju meski di tengah pandemi.

Promosi wisata merupakan bagian dari tujuan 48bersepeda, selain promosi budaya lokal dan aksi sosial.

Di sela-sela mengayuh sepeda, mereka juga membagi-bagikan sembako kepada warga di sekitar Candi Pawon dan Candi Mendut.

Ini merupakan wujud perhatian mereka terhadap masyarakat sekitar lokasi wisata yang terdampak Covid-19.

"Kita juga bagi-bagi sembako di beberapa titik, ini simbol perhatian kepada warga di sekitar lokasi wisata yang sudah 6 bulan tidak kerja," ungkap Karding.

Baca juga: Dengan Protokol Kesehatan Ketat, Zona I Candi Borobudur Kembali Dibuka

Karding melanjutkan, sepeda dipilih sebagai moda kegiatan ini karena ramah lingkungan sekaligus sarana olahraga yang baik pada saat pendemi, namun tidak lupa pada protokol kesehatan.

Beberapa pekerja seni yang turut pada kegiatan ini antara lain yakni Tommy Kurniawan, artis yang juga anggota DPR RI,  Mohammad Toha, anggota DPR RI; penyanyi sekaligus selebgram Natta Reza dan istrinya Wardah Maulina.

Kemudian pesinetron Said Bajuri, Lisa Nur Rahmi, Juliana Muchtar dan Reza Aditya. Vokalis Govinda Muhammad Ifan, serta bassist dan drummer Last Child, Dimas dan Ipang.

Tommy Kurniawan mengungkapkan, kegiatan ini salah satu upaya membantu pemerintah mengampanyekan budaya hidup sehat kepada masyarakat. Kemudian, mempromosikan wisata yang diharapkan bisa berdiri lagi dan mensejahterakan masyarakat.

"Ini kampanye kita, ayo jaga kesehatan, ayo bantu sesama. Harapannya pada kuartal ke depan ekonomi Indonesia bisa bangkit lagi," tutur Tommy.

Ia melanjutkan, komunitas ini tidak ingin hanya bersepeda ria dan bersenang-senang, namun memanfaatkan tren sepeda sebagai sarana aksi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya mereka melakukan hal yang sama di Lembang, Bandung. Selanjutnya akan ke daerah di Jawa Barat dan Bangka.

"Ini trigger, manfaatkan tren. (tren) sepeda ini memiliki efek luar biasa, helm laku, jaket laku. Penjualan unit sepeda naik dari 2-3 juta, sekarang bisa 8 juta unit terjual," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com