Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Bertambah di Ambon, Brimob Dikerahkan untuk Pencegahan

Kompas.com - 08/08/2020, 15:10 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sejumlah anggota gegana dari Satuan Brimob Polda Maluku kembali dikerahkan untuk mensterilisasi sejumlah fasilitas umum di Kota Ambon, Maluku, Sabtu (8/8/2020).

Sejumlah fasilitas umum yang disemprot dengan cairan disinfektan itu mulai dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran, pertokoan, anjungan tunai mandiri (ATM) hingga sejumlah fasilitas umum yang ramai dikunungi warga.

Baca juga: Kronologi WNA Amerika Hilang Saat Menyelam Bersama Suami di Teluk Ambon

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur mengatakan, kegiatan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Ambon yang semakin meningkat dalam sepekan terakhir.

“Hari ini kita kembali menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum di Kota Ambon, mulai dari pertokoan, rumah sakit juga di ATM dan lain-lain. Ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang semakin meningkat,” kata Guntur kepada wartawan, Sabtu.

Ia mengatakan, sterilisasi terhadap sejumlah fasilitas umum termasuk tempat ibadah dan permukiman warga akan terus dilakukan.

Menurut dia, kegiatan yang sama juga dilakukan anggota Brimob di semua daerah di Maluku.

“Anggota kita di daerah-daerah juga kita kerahkan untuk melakukan hal yang sama, termasuk sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Tambah 71 Kasus Positif Covid-19 di Maluku, Penambahan Tertinggi dalam Sehari

Dalam sepekan terakhir, jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Ambon terus mengalami peningkatan tajam.

Tercatat pada Jumat kemarin penambahan pasien baru mencapai 71 orang, sehingga total keseluruhan pasien Covid-19 di Maluku mencapai 1.292 orang.

Guntur mengimbau warga agar tetap selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

“Karena kesadaran mematuhi protokol kesehatan itu menjadi kunci utama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com