Longboat Terbakar Saat Mencari Ikan, 10 Nelayan Berlindung di Balik Rumpon

Kompas.com - 06/08/2020, 20:22 WIB
Perahu longboat milik nelayan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara terbakar saat sedang mencari ikan di perairan karang kapota Wakatobi, Kamis (6/8/2020) dinihari. 10 orang nelayan ditemukan dalam keadaan dan sebagian dievakuasi Tim Pos SAR Wakatobi. Humas Basarnas KendariPerahu longboat milik nelayan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara terbakar saat sedang mencari ikan di perairan karang kapota Wakatobi, Kamis (6/8/2020) dinihari. 10 orang nelayan ditemukan dalam keadaan dan sebagian dievakuasi Tim Pos SAR Wakatobi.

WAKATOBI, KOMPAS.com – Sebuah perahu longboat milik nelayan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara terbakar saat sedang mencari ikan di Perairan Karang Kapota Wakatobi, Kamis (6/8/2020) dinihari. 

10 orang nelayan ditemukan dalam keadaan dan sebagian dievakuasi Tim Pos SAR Wakatobi.

“Kita menerima informasi ada longboat kecelakaan yaitu terbakar di bagian mesin. Mendengar laporan tersebut kami menindak lanjuti menurunkan Tim SAR gabungan dari Wakatobi,” kata Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi, melalui pesan pendeknya, Kamis (6/8/2020). 

Baca juga: Hutan Baluran Situbondo yang Terbakar Meluas Capai 15 Hektar

Sebelumnya, 10 orang nelayan dengan menggunakan longboat sepanjang 12 meter ini keluar melaut berangkat dari pelabuhan Matina Wanci.

Para nelayan tersebut mencari dan memanah ikan di bagian tenggara Karang Kapota, Rabu (5/8/2020) sore.

Saat mencari dan memanah ikan, malamnya mesin longboat tersebut terbakar dan menghanguskan bagian belakang longboat yang terbuat dari kayu. 

Belum diketahui diketahui penyebabnya terjadinya kebakaran tersebut. 

10 orang nelayan yang merupakan warga Desa Bente, Kecamatan Wangi-wangi, berhasil menyelamatkan diri dan sebagian berlindung di rumpon ikan yang terapung. 

“Tim SAR Gabungan berhasil menemukan seluruh POB dalam keadaan selamat  di antara karang kapota dan karang kaledupa,” ujar Aris. 

Baca juga: 5 Hektar Hutan Baluran Situbondo Terbakar karena Puntung Rokok Dibuang Sembarangan

Ia menambahkan, 4 orang nelayan kemudian dievakuasi dengan menggunakan perahu karet milik SAR sedangkan 6 orang nelayan lainnya menunggu di rumpon ikan. 

“6 nelayan ini menunggu di rompon untuk menarik longboat dgn menggunakan kapal milik rekan korban yang sudah dalam perjalanan,” ucap Aris. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X