15 Hektar Hutan Baluran Situbondo Terbakar Diduga Gara-gara Ulah Manusia, Ini Faktanya

Kompas.com - 06/08/2020, 18:09 WIB
Petugas saat berusaha memadamkan api di Taman Nasional Baluran Situbondo Kompas.com/Dokumentasi BPBD SitubondoPetugas saat berusaha memadamkan api di Taman Nasional Baluran Situbondo

KOMPAS.com - Pihak Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang melalap lebih kurang 15 hektar di kawasan tersebut.

Namun demikian, TN Baluran menduga kuat penyebab kebakaran adalah ulah manusia, antara lain puntung rokok hingga membakar sampah sembarangan. 

“Penyebab pastinya ulah manusia yang kurang bertanggung jawab,” kata Kepala TN Baluran Pujiadi. 

Pujiadi menduga, perilaku membuang puntung rokok sembarangan atau membakar sampah bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: 5 Hektar Hutan Baluran Situbondo Terbakar karena Puntung Rokok Dibuang Sembarangan

Menurut Pujiadi, untuk mencegah kebakaran akibat ulah manusia, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga.

Dalam sosialisasi itu, warga diimbau untuk tidak membakar apapun di lokasi hutan TN Baluran. Apalagi saat memasuki musim kemarau.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X