Kala "Punakawan" Beraksi di Solo, Ajak Warga Tak Golput

Kompas.com - 05/08/2020, 17:22 WIB
Masyarakat Pendukung Demokrasi menggelar aksi damai di kawasan Bundaran Gladag Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/8/2020). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMasyarakat Pendukung Demokrasi menggelar aksi damai di kawasan Bundaran Gladag Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/8/2020).

SOLO, KOMPAS.com- Sejumlah warga Solo yang mengatasnamakan Masyarakat Pendukung Demokrasi menggelar aksi damai di kawasan Bundaran Gladag Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/8/2020).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, aksi damai tersebut dimulai sekitar 15.30 WIB. Peserta aksi berdandan seperti tokoh Punakawan dalam pewayangan.

Mereka membentangkan spanduk dan poster ajakan supaya tidak golput pada Pilkada Serentak 2020.

Baca juga: Soal Bentuk Koalisi Lawan Gibran-Teguh, PAN Solo Sebut Kemungkinannya Tipis

Dalam aksi itu peserta juga membawa keranda warna putih bertulis 'anti golput'.

Koordinator Masyarakat Pendukung Demokrasi Bambang Saptono mengatakan, aksi damai untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 berlangsung secara demokratis.

Sebab, Pemilu menjadi indikator dalam sistem demokrasi karena rakyat dapat berpartisipasi dalam menentukan sikap politiknya terhadap pemerintahan dan negaranya.

Melalui Pemilu, rakyat bisa memilih para wakilnya untuk duduk dalam parlemen maupun struktur pemerintahan.

Baca juga: Gerindra Dukung Gibran, Muzani: Sepertinya di Solo Calon Tunggal

"Kami memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia bahwa Pilkada Serentak 2020 nanti sebisa mungkin benar-benar demokratis. Artinya, Pilkada itu harus benar-benar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," kata Bambang, Rabu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X