Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Khofifah Memulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 05/08/2020, 06:37 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mendorong para pelaku UMKM segera memaksimalkan potensi kredit untuk membangkitkan sektor perekonomian yang sempat tertekan akibat pandemi Covid-19.

Hal itu terungkap saat Khofifah mengunjungi Kampung Coklat Majapahit yang berada di kawasan wisata Desa BMJ, Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Selasa (4/8/2020)

Menurut Khofifah, pandemi Covid-19 membuat sektor perekonian tertekan. Untuk itu diperlukan kebersamaan untuk memulihkan dan membangun ketahanan ekonomi.

"Kita semua sedang dalam proses untuk memaksimalkan gerakan pemulihan ekonomi, gerakan membangun ketahanan ekonomi, gerakan untuk meningkatkan probabilitas terutama produk ultra mikro, kecil dan menengah," kata Khofifah.

Baca juga: Soal Klaim Risma Surabaya Jadi Hijau, Khofifah: Yang Menentukan Pemerintah Pusat, Bukan Daerah

Pihaknya melalui BPD Jatim memberikan stimulus dalam bentuk kredit untuk mengungkit gerakan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat.

Untuk pemulihan dan membangunan ketahanan ekonomi, Bank Pemerintah Daerah (BPD) Jawa Timur mengalokasikan dana kredit sebesar Rp 66 triliun.

Khofifah berharap, potensi kredit melalui bank daerah tersebut bisa segera dimanfaatkan para pelaku usaha ultra mikro, kecil dan menengah di Jawa Timur.

"Salah satunya, tadi saya sampaikan bahwa BPD Jawa Timur punya anggaran yang cukup untuk menjadi salah satu stimulir bagi pergerakan UMKM, termasuk di dalamnya Bank UMKM," ujar Khofifah.

"Saya rasa kita dalam posisi yang siap untuk menggelontorkan anggaran untuk menggerakkan sektor ultra mikro, mikro kecil dan menengah di Jawa Timur, apapun," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com