Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Anosmia, Gejala yang Dialami Wabup Kotawaringin Barat Saat Positif Corona

Kompas.com - 04/08/2020, 23:38 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Dewantara,
Khairina

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Kehilangan kemampuan mencium bau-bauan adalah salah satu gejala paling sering didapati pada pasien terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Secara medis, kondisi ini dikenal dengan istilah anosmia.  

Kondisi ini jugalah yang terjadi pada fase awal virus Covid-19 menjangkiti Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah. 

Hal itu diutarakan dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi Rumah Sakit Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun, dr Azis Sp.P kepada Kompas.com, Selasa (4/8/2020). 

Baca juga: Wakil Bupati Kotawaringin Barat Positif Covid-19

Namun menurutnya, gejala tersebut dapat hilang segera jika pasien mengonsumsi obat-obatan yang sesuai.

"Tapi seiring dengan perbaikan klinis pasien gejala ini akan menghilang atau sembuh," terang dr Azis.

Secara umum, dia menambahkan, gejala yang sering ditemui di masa inkubasi Covid-19 adalah demam, flu seperti pilek, dan batuk kering. 

Baca juga: Positif Corona, Wabup Kobar Sempat Kehilangan Fungsi Indra Penciuman dan Perasa

Sebelumnya, Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah mengaku kehilangan indera perasa dan penciuman sepulang dari perjalanan dinas ke ibu kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya, 12-14 Juli 2020.

Merasa ada yang tidak beres, Ahmadi meminta pengambilan spesimen cairan tenggorokannya guna pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) pada 21 Juli.

Hasil PCR yang keluar pada 22 Juli menyatakan Ahmadi terkonfirmasi positif Covid-19.  

Namun, sesuai penuturan ajudan Ahmadi, Rizal Maulana, kondisi kehilangan indra penciuman dan berkurangnya indra perasa hilang seiring proses pengobatan yang dijalani.

"Awalnya Bapak (Ahmadi Riansyah) mengalami masalah dengan indra penciuman dan perasa. Setelah mengonsumsi obat-obatan sudah kembali normal di empat hari pertama isolasi," terang Rizal, Senin (3/8/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com