Sudah 2 Bulan Warga Sekitar Danau Limboto Gorontalo Terendam Banjir

Kompas.com - 04/08/2020, 17:49 WIB
Aulia, salah satu anak di Desa Buhu Kabupaten Gorontalo harus melintasi genangan air di sekitar rumahnya untuk bisa bermain di rumah tetangganya. luapan air Danau Limboto telah menggenangi permukiman warga sejak 2 bulan lalu. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARAulia, salah satu anak di Desa Buhu Kabupaten Gorontalo harus melintasi genangan air di sekitar rumahnya untuk bisa bermain di rumah tetangganya. luapan air Danau Limboto telah menggenangi permukiman warga sejak 2 bulan lalu.

GORONTALO, KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi menyebabkan permukaan air Danau Limboto, Gorontalo, meluap dan menggenangi permukiman warga di sekitarnya.

Danau ini merupakan muara dari 23 sungai dan anak sungai yang berasal dari daerah-daerah sekitarnya.

Daerah-daerah di sekitar yang lebih tinggi mengalirkan airnya ke danau, sehingga dengan waktu yang cepat permukaan danau meninggi.

Baca juga: Atasi Banjir di Luwu Utara, Tanggul Darurat dengan Metode Perkuatan Geotextile Siap Dibangun

Tergenangnya kawasan permukiman masyarakat ini membuat mereka kesulitan beraktivitas.

“Kami sudah 2 bulan seperti ini, tergenang di mana-mana, apalagi di dapur yang lebih dulu dimasuki air,” kata Suwasti Patamani (53) warga Buhu, Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo, Selasa (4/8/2020).

Dalam kondisi seperti ini masyarakat masih dapat memanfaatkan sumber air bersih bantuan pemerintah.

Sumur ini merupakan sumur yang dibuat dengan menanamkan pipa ke dalam tanah dan mengalirkan air bersih sepanjang tahun tanpa bantuan mesin.

Baca juga: Petani di Bolmong Gagal Panen Akibat Banjir, Kementan Minta Petani Ikut Asuransi untuk Antisipasi

Sementara di samping sumur terdapat beberapa kamar mandi dan toilet yang kondisinya sudah terendam air.

Tidak jauh dari permukiman warga terdapat 50 unit rumah khusus nelayan yang dibangun pemerintah pusat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X