Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Akan Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19

Kompas.com - 04/08/2020, 09:38 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama unsur forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda) Jabar akan menjadi relawan pengetesan vaksin Covid-19.

Ia berharap keterlibatan unsur pimpinan di Jabar bisa memperkuat keyakinan masyarakat bahwa pengetesan vaksin berjalan lancar.

"Kami pimpinan sedang merumuskan kalau tidak ada halangan unsur Forkopimda pun akan menjadi relawan utk pengetesan vaksin. Kalau pimpinannya ikut, maka masyarakatnya pun insya Allah akan meyakini proses vaksin berjalan lancar," kata Emil sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Ridwan Kamil: Vaksin Corona Bukan Hanya dari Tiongkok, Ini Perlu Digarisbawahi


Ia menuturkan, saat ini dibutuhkan sekitar 1100 relawan dalam proses pengetesan vaksin tersebut.

Emil menyebut, dari jumlah itu baru 500 orang yang mendaftar.

"Vaksin kita sudah ada pendaftaran ada sekitar 500-an yang sudah mendaftar. Butuh 1.100 lagi. Kami mengimbau kepada yang usianya cukup minimal 20 sampai 59 tahun," ungkapnya.

Baca juga: Ridwan Kamil: Jawa Barat Provinsi Terbesar yang Zona Risiko Rendahnya Paling Banyak

Emil mengatakan, pengetesan vaksin akan berjalan cukup lama. Jika hasilnya memuaskan, maka pada 2021 pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat Jabar akan dilakukan.

"Tapi masih panjang perjalanannya, karena vaksin ini akan berlangsung sampai akhir tahun. Kalau lancar, awal Januari 2021 akan melakukan pemberian vaksin ke seluruh rakyat Jabar. Sambil menunggu enam bulan tiba, kedisiplinan memakai masker adalah satu-satunya cara mengurangi persebaran," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com