Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Warga Kepri Terkonfirmasi Positif Covid–19

Kompas.com - 02/08/2020, 19:51 WIB
Hadi Maulana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 bersama Dinas Kesehatan Kepri melakukan tes swab terhadap sejumlah masyarakat Kepri yang telah kontak langsung dengan sejumlah kasus baru positif corona.

Mulai dari dari Ajudan Gubernur Kepri, Gubernur Kepri hingga yang kontak langsung dengan Almarhum kapolsek Kundur dan sejumlah TKI yang baru saja tiba di Batam.

Bahkan dari 100 yang dilakukan tes swab, sedikitnya ada 40 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Humas Tim Bersatu Lawan Covid-19 Kepri-Batam Iskandar Zulkarnaen mengatakan, puluhan orang yang terkonfirmasi positif meliputi dua orang dari Kabupaten Karimun, satu orang dari Batam, 30 orang dari Tanjungpinang dan tujuh orang dari Kabupaten Bintan.

“Pemeriksaan dilakukan terkait status ajudan Pak Isdianto dinyatakan positif Covid–19 sepulang dari Jakarta,” kata Iskandar melalui telepon, Minggu (2/8/2020).

Bahkan, lanjut Iskandar, dalam data tersebut juga ada nama Kepala Dinkes Provinsi Kepri Tjejep Yudiana, dengan hasilnya dinyatakan negatif.

Selain itu, diketahui pula lima pejabat di lingkungan Polres Tanjungpinang dan anggota Polres Tanjungpinang yang positif corona.

Baca juga: Sejumlah Pelajar dan Anggota Polisi di Batam Positif Corona

Iskandar menyayangkan sikap Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang belum melakukan tes swab yang saat ini sedang dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri.

“Seharusnya Wali Kota Batam memberikan contoh yang baik, bukan malah sebaliknya,” terang Iskandar.

Sebab, dalam proses penyambutan kedatangan gubernur dan acara prosesi tepuk tepung tawar juga dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Baca juga: Gubernur Kepri Isdianto dan 5 Stafnya Positif Terjangkit Virus Corona

Imbauan tes swab bagi seluruh anggota masyarakat yang hadir dalam rangkaian acara tersebut bertujuan mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena apapun itu, masyarakat akan mencontoh dengan apa yang dilakukan wali kota Batam saat ini. Bahkan imbauan gugus tugas ini merupakan strategi penanggulangan yang dikenal dengan istilah Active Case Finding yakni upaya secara aktif menemukan kasus dan mengisolasi mereka,” papar Iskandar.

Bahkan, untuk pejabat utama di lingkungan Polda Kepri sendiri telah menjalani rapid test dengan hasilnya non reaktif.

"Semua tindakan yang dilakukan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri selalu berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid19 revisi 5," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com