Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Sumut: Takbiran Idul Adha Cukup di Masjid, Jangan Keliling

Kompas.com - 29/07/2020, 17:44 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengimbau masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha agar tidak menggelar takbiran keliling.

Masyarakat juga diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, terutama saat melaksanakan shalat Idul Adha. 

“Untuk dalam hal pelaksanaan nanti shalat Idul Adha, imbauan dari Polda Sumut, untuk seluruh masyarakat tidak perlu takbiran keliling. Cukup di masjid dan shalat di dalam masjid,” katanya kepada wartawan ketika ditemui di aula rumah Gubernur Sumatera Utara pada Rabu (29/7/2020) sore. 

Baca juga: Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19, Polisi Larang Takbir Keliling

Menurutnya, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Polda dan jajaran siap amankan pelaksanaan Idul Adha. Diharapkan protokol kesehatan itu dipatuhi. Dicatat untuk lonjakan di Sumut cukup menonjol, sudah menembus angka lebih dari 3.200 positif,” katanya. 

Dikutip dari akun Instagram @humassumut, informasi yang diunggah pada Selasa (28/7/2020) pukul 17.00 WIB, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara mengalami penambahan 80 orang menjadi 3.518 orang. 

Jumlah yang meninggal sudah mencapai 183 orang, bertambah 2 dari sehari sebelumnya.

Sedangkan angka kesembuhan sebanyak 918 orang, bertambah 18 orang dari sehari sebelumnya.

Dari informasi yang diunggah, tinggal 4 yang masih bersih dari Corona atau Covid-19, yakni Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara, dan Pakpak Bharat.  

Baca juga: Digelar Jumat Besok, Simak Panduan Shalat Idul Adha Aman Covid-19

Sementara dari akun Instargram @humas_pemkomedan, jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Medan sebanyak 2.138 orang, sembuh 708 orang, meninggal dunia 110 orang dan yang masih dirawat sebanyak 1.322 orang. Kota Medan, saat ini merupakan zona merah di seluruh kecamatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com