Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sumbang Seekor Sapi Kurban Seberat 1 Ton untuk Papua

Kompas.com - 28/07/2020, 21:19 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menyumbangkan satu ekor sapi kurban untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Bantuan kemasyarakatan dari Jokowi itu untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah yang jatuh pada 31 Juli 2020.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa mengatakan, sapi kurban bantuan Presiden RI ini memiliki berat 800-1.000 kilogram dan bebas penyakit hewan menular strategis (PHMS).

Baca juga: 4 Warga Paniai, Papua, Tewas akibat Tanah Longsor

"Sapi ini juga memenuhi syarat sebagai hewan kurban sesuai Permentan RI Nomor 114 Tahun 2014," kata Siriwa, di Jayapura, Selasa (28/7/2020), sepert dilansir dari Antara.

Siriwa menuturkan, sapi kurban ini akan diserahkan kepada Masjid Jami Al Fatah Abe Pantai, Kota Jayapura.

"Setelah dilakukan seleksi di sekitaran Jayapura didapatkan sapi kurban seperti kriteria di Kabupaten Keerom dan telah dilakukan penawaran dan disetujui oleh Tim Kementerian Sekretaris Negara," ujar dia.

Sapi kurban yang telah ditetapkan oleh tim dari Kementerian Sekretaris Negara telah melalui peninjauan lapangan oleh petugas dari Direktorat Perbibitan Kementerian Pertanian.

Baca juga: Saat Sapi Puang Tedong Jokowi Ngamuk 2 Jam, Warga Berhamburan Menyelamatkan Diri

"Di mana penyelesaian administrasi serta menandatangani BA serah terima dari Kementerian Sekretaris Negara kepada Gubernur Papua cq Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua pada 21 Juli 2020," kata dia.

Sapi kurban ini akan diserahkan kepada Pengurus Masjid Jami Al Fatah Abe Pantai oleh Gubernur Papua atau yang mewakili pada satu atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com