Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Habibi, Bocah 9 Tahun yang Bongkar Celengan untuk Beli Kambing Kurban

Kompas.com - 28/07/2020, 18:21 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sudah sejak beberapa tahun terakhir, Muhammad Amir Althaf Habibi, anak berusia 9 tahun di Palembang, Sumatera Selatan, mengumpulkan uang jajannya untuk membeli seekor kambing.

Kambing itu dibeli Habibi untuk bekurban pada hari raya Idul Adha pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Habibi mengatakan, dalam sehari ia menyisihkan uang jajan Rp 1.000 sampai RP 2.000 untuk dimasukkan ke celengan yang dibelikan oleh ayahnya, Kusnadi Lisa Purnama. 

Baca juga: Puang Tedong, Sapi Jokowi Ngamuk Saat Diangkut ke Tempat Pemotongan Kurban

Setelah cukup, ia lalu membeli seekor kambing dengan harga Rp 1.975.000 untuk dikurbankan.

"Tabungan saya sudah lama. Kalau ada uang pasti saya menabung. Apalagi kalau Idul Fitri, saya pasti menabung di celengan. Kalau lebaran Idul Fitri kan ada THR, jadi bisa menabung lebih banyak," kata Habibi, Selasa (28/7/2020).

Anak pertama dari pasangan Kusnadi Lisa Purnama dan Retno Dwi Ambarwulan ini menamakan kambing yang ia beli itu dengan namanya sendiri.

Kambing tersebut nantinya akan disumbangkan sebagai hewan kurban di Sungai Rengas, Kecamatan Gandus Palembang, melalui Sahabat Juang Indonesia (SJI) yang kemudian diteruskan ke Dompet Dhuafa Sumsel yang memiliki program Tebar Hewan Kurban.

"Memang saya dari dulu niatnya ingin kurban. Alhamdulillah, uang hasil tabungan cukup buat beli kambing untuk Idul Adha tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Retno Dwi Ambarwulan, ibunda Habibi, mengatakan, niat putra pertamanya untuk bekurban begitu kuat. Ia telah beberapa kali menyatakan keinginannya untuk membeli hewan kurban sendiri dengan menabung.

Tak hanya Habibi, putri mereka, yakni Nayra Sabila (5), juga melakukan hal serupa untuk mengikuti jejak sang kakak.

"Kalau Nayra ikut sedekah daging kurban. Habibi yang membeli kambing sendiri dari tabungannya," ucap Retno.

Baca juga: Jokowi Sumbang Sapi Kurban di Kalimantan Barat, Beratnya 1,2 Ton

Secara terpisah, pendiri Sahabat Juang Indonesia (SJI), Aryadi Ali Usman, membenarkan adanya sumbangan seekor kambing kurban atas nama Habibi. Kambing itu diserahkan pada hari raya Idul Adha nanti. 

"Iya anak ini membeli kambing dari dari hasil ia membongkar celengan miliknya.. Bahkan tak hanya Habibi, adiknya, Nayra Sabila Ilma juga sebenarnya punya niat berkurban. Tapi karena uangnya belum cukup beli hewan kurban, jadi tahun ini Nayra ikut sedekah kurban dulu," ujar Aryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com