Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat wisata di Lebak Ujicoba Dibuka, Wisatawan Jakarta Boleh Datang

Kompas.com - 25/07/2020, 12:00 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melakukan uji coba pembukaan tempat wisata.

Seluruh tempat wisata seperti Pantai Sawarna, Desa Adat Baduy hingga negeri di atas awan Gunung Luhur kembali dibuka setelah kurang lebih tiga bulan ditutup.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Dinas Pariwisata Lebak Luli Agustina mengatakan, tempat wisata dibuka seiring dengan terbitnya Peraturan Bupati tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru yang disahkan pada 15 Juli 2020 lalu.

Baca juga: Mulai 15 Agustus, Warga Lebak Tidak Pakai Masker Didenda Rp 150.000

"Wisatawan sudah boleh berkunjung dengan catatan menerapkan protokol kesehatan," kata Luli dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (25/7/2020).

Seluruh tempat wisata di Kabupaten Lebak, kata Luli, diwajibkan untuk memenuhi standar protokol kesehatan saat masa pandemi Covid-19. Jika tidak mengikuti peraturan tersebut, kata dia, tempat wisata tidak boleh dibuka.

Tidak ada batasan wisatawan yang boleh berkunjung ke destinasi wisata di Lebak. Baik wisatawan lokal atau luar provinsi seperti Jakarta, sudah diperbolehkan untuk berkunjung.

Baca juga: Kunjungi Huntara Lebak, Menteri PPPA Saksikan Sendiri Banyak Pengungsi Tak Pakai Masker

Luli mengatakan, Kabupaten Lebak memiliki banyak tempat wisata yang beragam. Mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata religi dan puluhan air terjun.

Dari puluhan tempat wisata, terdapat tujuh destinasi unggulan berjuluk Six Fantastix. Keenamnya antara lain Museum Multatuli, Kawasan Adat Baduy, Kasepuhan Citorek, Kebun Teh Cikuya, Pantai Sawarna dan Bagedur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com