Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Kelurahan Liliba Kupang, Kelurahan Terbaik Penerapan Protokol Covid-19

Kompas.com - 25/07/2020, 11:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), resmi jadi kelurahan tangguh dalam penanganan Covid-19.

Wakil Wali Kota Kupang Herman Man meresmikan langsung kelurahan itu, Rabu (22/7/2020).

Herman menyebut, Liliba terpilih sebagai kelurahan tangguh karena sejak pandemi corona, dinilai terbaik dibandingkan  kelurahan lainnya dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Akan Dipajang di Museum, BKKPN Kupang Rekonstruksi Ulang Tulang Paus Biru yang Terdampar

Dia menjelaskan, Kelurahan ini memiliki gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang bekerja maksimal memberikan edukasi kepada warga untuk menerapkan  protokol kesehatan mulai dari kewajiban mengenakan masker, menjaga jarak aman dan tidak berkumpul dalam jumlah banyak.

"Tim gugus tugas di Kelurahan Liliba juga bekerja membagikan bahan kebutuhan pokok kepada warga yang terdampak virus corona," ujar Herman kepada sejumlah wartawan di Kupang, Jumat (24/7/2020).

Posko Kelurahan Liliba juga lanjut Herman, menyiapkan benih ikan lele yang dibagikan kepada warga yang terdampak virus corona.

"Kelurahan ini juga melakukan pemberdayaan masyarakat dengan membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas," kata dia.

Baca juga: Bangkai Paus 1 Ton yang Terdampar di Pantai Kupang Tiba-tiba Menghilang

Herman menyebut, hasil penjualan kerajinan tangan akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan yang akan disumbangkan kepada warga yang terdampak virus tersebut.

Menurut Herman, hanya dengan orang-orang yang punya kedisiplinan dan ketaatan yang tinggi terhadap aturan yang berlaku, sebuah kelurahan bisa menjadi tangguh dalam menghadapi masalah apapun termasuk corona.

"Jadi ada tiga fokus utama kelurahan tangguh yakni kesehatan, sosial ekonomi, serta informasi dan kreativitas," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com