Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Pimpinan Positif Covid-19, Kantor Pusat UNS Solo Tutup 3 Hari

Kompas.com - 21/07/2020, 16:22 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menutup sementara kantor pusat selama tiga hari setelah ada salah satu pimpinan kampus yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Penutupan kantor pusat tersebut dimulai Senin (20/7/2020) hingga Rabu (22/7/2020).

"Kami mengambil kebijakan tiga hari Senin, Selasa, Rabu atau bahkan sampai Kamis itu kantor pusat kami lockdown. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa ke kantor pusat," kata Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho dalam jampa pers secara daring di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Pasar Harjodaksino Solo Kembali Dibuka, Baru Sebagian Pedagang yang Berjualan

Jamal mengaku mendapat informasi ada salah satu pimpinan positif Covid-19, Minggu (19/7/2020) malam.

Namun, dirinya belum mengetahui dari mana salah satu pimpinan positif Covid-19 itu tertular.

Jamal menyampaikan pada Selasa (14/7/2020) dirinya menghadiri workshop dan kerja sama antara UNS dengan Kementerian Pariwisata Badan Ekonomi Kreatif di salah satu hotel di Solo.

Dalam acara itu, Jamal memberikan presentasi dan penandatanganan MoU antara UNS dengan kementerian. Setelah itu dirinya kembali ke UNS.

"Kami sore mendapatkan informasi dari humas bahwa delapan orang dari kementerian itu ternyata dinyatakan positif Covid-19. Kami segera melakukan konsolidasi dengan teman-teman agar yang ikut satu hotel segera untuk tes swab," ungkapnya.

Baca juga: 2 ASN Positif Covid-19, 3 Kantor Dinas di Balai Kota Solo Tutup 7 Hari

Berdasarkan hasil swab, dirinya dinyatakan negatif Covid-19. 

"Hari Jumat kami melakukan swab. Dan kami menerima hasilnya, Alhamdulillah saya dengan seluruh rekan-rekan pimpinan itu dinyatakan negatif. Pimpinan yang ikut ke hotel itu (negatif hasilnya swab)," sambung dia.

Jamal juga meminta kepada seluruh pimpinan lain untuk ikut melaksanakan pemeriksaan swab.

"Pada Minggu malam kami memperoleh informasi bahwa ada salah satu pimpinan yang hasil swab-nya itu positif. Karena itu kami mengambil langkah cepat yang berupa pada saat Senin pagi kantor pusat, auditorium, rumah dinas serta tempat-tempat yang disinggahi itu dilakukan penyemprotan disinfektan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com