Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Pegawai Positif Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan Siantar Berlakukan Layanan Online

Kompas.com - 19/07/2020, 13:14 WIB
Teguh Pribadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Dari hasil PCR tes mandiri terhadap 42 orang karyawan BPJS Ketenagakerjaan cabang Kota Pematangsiantar, 14 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar, Achmad Ramli, mengatakan, sebelumnya BPJS menggelar tes PCR mandiri kepada karyawan BPJS pada Kamis, 9 Juli 2020.

"Terdapat 13 orang karyawan BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) dan 1 orang karyawan alih daya yang positif terpapar Covid-19, berdasarkan hasil PCR test tanggal 9 Juli kepada seluruh karyawan di Kantor Cabang Pematangsiantar yang berjumlah 42 orang," kata Ramli lewat keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Baca juga: Siantar Terbitkan Perwali Covid-19, Pelanggar Dikenai Denda hingga Rp 5 Juta

Terkait kondisi tersebut, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, 14 petugas BPJS yang terinfeksi corona harus menjalani karantina di fasilitas yang telah ditunjuk.

Selain itu, Kantor Cabang Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Sakti Lubis No 5, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, telah disterilisasi menggunakan disinfektan.

"Dan, selama 14 hari ke depan kita melayani klaim peserta melalui program Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) Online," jelasnya.

Acmad Ramli menambahkan, pihaknya mengedepankan layanan prima bagi peserta dengan tetap mengutamakan keselamatan, kesehatan dan higienitas.

"Agar peserta bisa tenang saat harus datang ke kantor cabang kami," ucapnya.

Sebelumnya, belasan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar disebut positif Covid-19 setelah dilakukan tes Covid-19 mandiri.

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Sakti Lubis No 5, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, itu ditutup sementara.

Meskipun begitu, pihak manajemen memberlakukan pelayanan tanpa kontak fisik. Layanan bagi peserta BPJS dibuka dengan mengakses antrean secara online.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Pematangsiantar, Daniel Siregar, menuturkan ke-14 pasien positif kini menjalani perawatan dan isolasi.

Baca juga: Sebut 27 Anggota DPRD Siantar ODP Corona, Kabid Dinas Kesehatan Menangis Saat Rapat

Sebanyak 10 orang di antaranya dirawat di RS Bunda Thamrin Kota Medan, 2 orang di RS Darurat Batu 20 Kabupaten Simalungun, 1 orang di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar dan 1 orang isolasi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com