Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Luwu Utara: Pemkab Terus Lakukan Upaya Pemulihan Pasca Banjir

Kompas.com - 19/07/2020, 11:00 WIB
Sheila Respati

Penulis

KOMPAS.com - Banjir bandang yang terjadi Senin, (13/7/2020) lalu melumpuhkan Kecamatan Baebunta, Luwu Utara

Akses menuju dua kota tersebut menjadi sulit. Jaringan listrik dan komunikasi pun terputus. Masyarakat tidak dapat beraktivitas sehingga roda perekonomian pun terhenti. 

Bencana ini juga menyisakan duka mendalam bagi warga kecamatan tersebut. Selain kehilangan harta benda, banyak dari mereka yang juga kehilangan anggota keluarga. 

Pasca bencana, pemerintah kabupaten memiliki pekerjaan besar untuk memulihkan kembali Luwu Utara. 

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan beragam upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara.

Baca juga: Saat Bupati Luwu Utara Jadi Korban Banjir dan Mengungsi Bersama Warga

"Upaya evakuasi korban dan pendistribusian bantuan kepada pengungsi terus dilakukan. Pembersihan Kota Masamba yang terdampak banjir juga secepatnya akan dilakukan," ujar bupati yang akrab disapa IDP ini usai memantau titik longsor dan menyalurkan bantuan di Desa Lero, Sabtu (18/7/2020) menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. 

Selain kembali memulihkan akses masyarakat untuk beraktivitas agar roda perekonomian kembali berjalan, ia juga merasa perlu memperhatikan aspek psikologi warganya.

Pemkab Luwu Utara, lanjut IDP, bekerja sama dengan TNI, Polri, dan relawan untuk melakukan upaya tersebut. 

Pada kesempatan tersebut IDP juga meninjau proses pembenahan fasilitas listrik di Desa Lero yang dibantu oleh sejumlah teknisi dari PLN. Ia mengecek sejumlah titik yang rusak akibat diterjang banjir bandang. 

Baca juga: Rela Jual Mobil untuk Warga Luwu Utara, Evi Masamba: Apalah Arti Sebuah Mobil

IDP menyapa para teknisi dan relawan yang bekerja untuk membantu warganya. "Saya apresiasi semangat para relawan, teknisi PLN, dan para operator alat berat. Meskipun akses menuju desa ini sulit, mereka datang membantu dan bekerja tanpa lelah," ujarnya. 

Bupati perempuan pertama di Sulsel mengaku terharu mengetahui begitu banyak pihak memiliki kepedulian untuk membantu Luwu Utara kembali pulih.

“Semoga ini menjadi spirit bagi masyarakat untuk segera bangkit dan kembali pulih. Luwu Utara harus kuat, dan akan segera bangkit” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com