Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoaks, Kabar Viral Jemaah Haji Asal Padang Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2020

Kompas.com - 17/07/2020, 14:35 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebuah kabar yang menyatakan adanya jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat berangkat ke Tanah Suci viral di media sosial.

Akun Facebook Adi Warsito membagikan kabar tersebut pada 10 Juli lalu dengan narasi yang menghubungkan kedekatan Padang dengan Pemerintah Arab Saudi.

Dalam unggahan Adi menyebutkan rombongan jemaah haji Padang, Sumatra Barat berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji.

Baca juga: Ayah Hamili Anak karena Mirip Ibunya, Sang Anak Mengaku Berhubungan Suka Sama Suka

Hal itu bisa dilakukan dengan adanya lobi khusus para tokoh dan ulama Padang, Sumatra Barat dengan Kerajaan Arab Saudi dan juga adanya hubungan histori Kerajaan Pagaruyung, Sumatra Barat pada zaman dulunya.

"Serta keluarga Kerajaan Pagaruyung juga mempunyai lahan tanah yang cukup luas di Arab Saudi. Sekarang ini dibangun Hotel untuk jemaah haji asal Sumatra Barat--memudahkan urusan warga yang menunaikan haji asal Sumatra Barat tersebut," bunyi narasi unggahan akun FB Adi.

Di samping itu Kerajaan Arab Saudi juga sangat menghargai Almarhum Sheh Ahmad Khatib asal Padang yang pernah menjadi Imam besar Masjidil Haram.

Baca juga: Belum Ditarik, 27.000 Buku LKS Gambar Wajah Wali Kota Padang Masih Beredar

"Semoga hubungan baik Kerajaan Arab Saudi dengan Padang Sumatra Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya terjalin lebih akrab lagi kedepannya dan yang menunaikan Haji mendapat haji mabrur--aamiin," kata Adi dalam unggahannya.

Hanya saja dalam unggahan itu ada kejanggalan karena foto yang diunggah memiliki watermark tahun 2018 sehingga membuktikan berita itu hoaks.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Sumbar Hendri memastikan kabar itu adalah bohong alias hoaks.

"Tidak benar. Itu hoaks. Tidak ada jemaah haji yang berangkat tahun ini," kata Hendri yang dihubungi Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com