Okupansi Rendah, Daop 2 Bandung Kurangi Perjalanan Kereta ke Jakarta

Kompas.com - 16/07/2020, 17:37 WIB
Masyarakat yang membutuhkan perjalanan menuju Jakarta, Daop 2 masih mengoperasikan 2 perjalanan kereta api yaitu KA Turangga  dan KA Serayu Pagi. Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNGMasyarakat yang membutuhkan perjalanan menuju Jakarta, Daop 2 masih mengoperasikan 2 perjalanan kereta api yaitu KA Turangga dan KA Serayu Pagi.


BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung akan mengurangi perjalanan KA jarak jauh menuju Jakarta mulai Jumat (17/7/2020).

Sebelumnya, terdapat 3 KA Argo Parahyangan dari Stasiun Bandung-Gambir yang beroperasi setiap Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin.

Mulai akhir pekan ini, 3 KA Argo Parahyangan kembali dibatalkan.

Baca juga: Pengunduran Diri 64 Kepala Sekolah SMP Ternyata Bukan Kali Pertama

“Kebijakan ini diambil karena okupansi penumpang yang masih rendah,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Noxy Citrea dalam keterangan tertulis, Kamis (16/7/2020).

Noxy mengatakan, untuk masyarakat yang membutuhkan perjalanan menuju Jakarta, Daop 2 masih mengoperasikan 2 perjalanan kereta api, yaitu KA Turangga dan KA Serayu Pagi.

KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung – Gambir, berangkat dari Stasiun Bandung pukul 06.05 WIB.

Kereta ini beroperasi setiap Jumat, Sabtu dan Minggu.

Baca juga: Kasus Penusukan Kapolsek, 10 Ibu-ibu Termasuk Jadi Tersangka

Kemudian KA Serayu Pagi relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasar Senen, berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 14.06 WIB.

Kereta ini beroperasi setiap hari.

Penumpang tanpa SIKM

Sementara itu, menurut Noxy, calon penumpang kereta jarak jauh dengan relasi dari dan menuju DKI Jakarta tidak perlu lagi membawa Surat Izin Keluar masuk (SIKM) DKI Jakarta.

Mulai 15 Juli 2020, syarat SIKM digantikan dengan mengisi Corona Likelihood Metric (CLM) pada aplikasi JAKI yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

“Masyarakat diminta jujur mengenai kondisinya dalam mengisi CLM,” kata Noxy.

Baca juga: Pegawai Rumah Sakit di Cianjur Bekerja Sambil Jualan Sabu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X