Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Gelombang Tinggi, KM Ruslan Hilang di Laut Maluku

Kompas.com - 12/07/2020, 18:18 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com- Kapal Motor (KM) Ruslan yang mengangkut empat penumpang dilaporkan hilang setelah dihantam gelombang tinggi di Perairan Run, Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Minggu (12/7/2020).

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan kapal dengan panjang 12 meter itu mengalami musibah saat sedang berlayar dari Pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu menuju Pelabuhan Banda.

"Kapal ini bertolak dari Pelabuhan Tulehu tadi pagi pukul 09.00 WIT. Jadi saat berada di perairan Pulau Run kapal dihantam gelombang tinggi," kata Muslimin kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Kapal Bermuatan Kayu Tenggelam di Sinjai, 5 ABK Selamat 2 Hilang

Muslimin menjelaskan dari laporan yang diperoleh, akibat dihantam gelombang tinggi kapal tersebut sempat mengalami kebocoran pada lambung kapal.

"Gelombangnya itu mencapai 4 meter sehingga lambung kapalnya bocor dan saat ini hilang," ujarnya.

Adapun empat penumpang yang berada di atas kapal tersebut yakni Ulan Labiru ( Nakhoda) dan tiga anak buah kapal (ABK) masing-masing Ongen, Malidi, Jikrun.

Menurut Muslimin, setelah mendapat laporan tersebut, tim SAR gabungan yang terdiri dari anggota SAR Pos Banda, personel Koramil, dan anggota Lanal setempat langsung dikerahkan untuk mencari.

Baca juga: Hilang saat Mencari Ikan, Nelayan Ini Ditemukan Tewas di Selat Bunaken

Dia mengaku pencarian kapal hilang itu dilakukan tim SAR dengan menyisir perairan Pulau Run hingga perairan lainnya di kepulauan Banda.

"Tapi sampai Pukul 17.30 WIT petang kapal itu tidak juga ditemukan sehingga pencarian dihentikan sementara, nanti besok akan dilanjutkan lagi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com