Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 118 Pasien Sembuh, Kota Pontianak Kini Catatkan Nol Kasus Corona

Kompas.com - 11/07/2020, 14:53 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), mencatatkan nol kasus virus corona atau Covid-19.

Padahal, sebelumnya, Kota Pontianak merupakan daerah terbanyak yang mengkonfirmasi virus corona di Kalbar, yakni 118 kasus.

“Hari ini, ada 7 orang sembuh di Kalbar. Satu di antaranya warga Kota Pontianak. Dengan begitu, nol kasus di Pontianak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson, Sabtu (11/7/2020).

Baca juga: Serius Tangani Corona, Pondok Gontor Bentuk Satgas Covid-19

Harisson merincikan, 7 kasus sembuh lain di Kalbar, berada di Kabupaten Sintang 2 orang serta Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Mempawah masing-masing 1 orang.

“Kepastian ini setelah pemeriksaan swab di Laboratorium RS Untan Pontianak,” ujar Harisson.

Harisson menegaskan, kendati demikian, dinas kesehatan daerah harus tetap menggelar rapid test dengan persentase minimal 5 persen dari total jumlah penduduk.

Untuk masyarakat diharap terus disiplin protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan cuci tangan sebelum menyentuh muka.

“Kalau terus-menerus melakukan rapid test, tracing, dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, saya yakin daerah kita tetap zona hijau atau kasus konfirmasi positif tidak ada,” ucap Harisson.

Baca juga: Virus Corona Penyebab Covid-19 Disebut Dapat Bertahan di Udara 8 Jam

Diketahui, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Sabtu (11/7/2020) pukul 07.00 WIB, sebanyak 344 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sebanyak 315 orang di antaranya dinyatakan sembuh, empat lainnya meninggal dunia, serta 25 pasien masih menjalani isolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Terdapat juga 13 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lain sambil menunggu hasil uji laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com