Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Corona Jabar Pecah Rekor, Bertambah 962 Orang dalam Sehari

Kompas.com - 10/07/2020, 10:21 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di Jawa Barat melonjak drastis sebanyak 962 orang. Penambahan itu menjadi rekor terbanyak di Jabar selama pandemi.

Penambahan kasus positif itu sudah terpantau naik sejak Kamis (9/7/2020) sore. Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar), Jumat (10/7/2020) pukul 09.51 WIB, belum terdeteksi ada penambahan kasus baru.

Dengan lonjakan tersebut, orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jabar menjadi 4.843 kasus.

Baca juga: Kejar Tes PCR 15.000 Per Minggu, Jabar Lakukan Penguatan Kesiapan Laboratorium

Kamis (9/7/2020) sore, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (GTPP Jabar) Daud Achmad menyebut penambahan kasus itu yang paling tinggi sejak kasus pertama COVID-19 di Jabar teridentifikasi 6 Maret 2020 lalu.

Namun, Daud tak membeberkan darimana sumber kenaikan kasus tersebut. Ia pun tak menjawab soal kemungkinan kasus tersebut berasal dari klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD).

"Masih kita lacak dari mana saja itu berasal," ujar Daud di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Baca juga: 2.657 Kasus Baru Covid-19 dari 30 Provinsi, Terbanyak di Jabar dengan 962

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui unggahan Instagram-nya membenarkan jika lonjakan kasus di Jabar berasal dari institusi negara.

"Bewara (pengumuman). Jabar hari ini mengupdate 962 kasus yang mayoritas, datang dari klaster institusi kenegaraan. Karena berada di satu titik, secara teknis bisa dilokalisir dan memudahkan karantina. Gugus tugas sedang lakukan tracing testing kepada keluarga dan warga di sekitar lokasi," tulis Emil, sapaan akrabnya.

"Mari semua warga jaga protokol covid dengan disiplin, dimanapun kita berada, karena perang dengan covid ini masih jauh dari usai," ungkapnya.

Rencananya, Emil akan memberikan keterangan resmi siang ini terkait lonjakan kasus Covid-19 di Jabar. Berdasarkan informasi yang diterima media, pihak Kodam III Siliwangi pun rencananya akan menggelar konferensi pers.

Baca juga: Ini 5 Jurus Ridwan Kamil Kendalikan Corona di Jawa Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com