Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Maju Pilkada Batam Via Jalur Independen, Eks Staf Ahli Ahok Rian Ernest Dilirik Golkar

Kompas.com - 10/07/2020, 09:06 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Bakal calon (Balon) Wali Kota Batam jalur independen Rian Ernest gagal mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2020 mendatang dikarenakan kurangnya persyaratan. 

Rian Ernest langsung dilirik DPD I Golkar Kepri, bahkan eks staf ahli Ahok ini langsung dimasukan ke dalam survei calon kepala daerah yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada Batam Desember mendatang.

Wakil Sekretaris DPD I Golkar Kepri, Amrullah Rasal yang dikonfirmasi terkait kabar ini, langsung membenarkannya informasi tersebut.

Bahkan Rasal mengaku Rian Ernest langsung setuju saat dipasangkan atau didampingkan dengan Ahmad Hijazi sebagai pasangan alternatif yang ikut disurvei oleh Lembaga Survei Indo Barometer.

"Benar Rian Ernest dan pak Hijazi ikut disurvei oleh Golkar sebagai pasangan alternatif," kata Rasal melalui telepon, Kamis (9/7/2020) malam.

Baca juga: Eks Staf Ahli Ahok, Rian Ernest, Gagal Ikut Pilkada Batam Via Jalur Independen

Rian Ernest siap gabung Golkar

Ia mengatakan Rian Ernest juga sudah menyatakan ketertarikannya dan siap bergabung dengan Golkar untuk berjuang bersama-sama memenangkan Ahmad Hijazi pada Pilkada Batam.

Rian juga tidak keberatan ditempatkan pada posisi balok wakil Wali Kota Batam.

"Rian Ernest tertarik bergabung dengan Golkar, setelah menyatakan mundur dari Balon independen. Bahkan Rian Ernest juga bersedia menjadi ketua tim pemenangan Ahmad Hijazi nantinya," terang Rasal.

Sebelumnya bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga gagal mengikuti pemilihan kepala daerah Desember 2020 mendatang.

Hal ini diketahui setelah keduanya berpamitan untuk undur diri dari kontestasi Pilkada Batam 2020, Kamis (9/7/2020) kemarin.

Rian mengaku pihaknya belum berhasil meraih kesempatan untuk maju ke tahapan selanjutnya melalui jalur independen.

Baca juga: Surya Paloh: Petahana Rudi Ikut Pilkada Batam, Istrinya Ikut Pilgub Kepri

Pilkada Batam

Selain pasangan Ahmad Hijazi-Rian Ernest yang dilakukan survei dari pasangan yang diusung Partai Golkar, juga pasangan lainnya yang saat ini juga sedang dilakukan surveinya untuk Pilkada Batam dan Pilkada Kepri.

Mulai dari pasagan Ahmad Hijazi-Surya Makmur Nasution, Ahmad Hijazi-Helmy Hemilton, Ahmad Hijazi-Putra Siregar dan Ahmad Hijazi-AKP Haris Lambey untuk Pilkada Batam.

Sedangkan untuk Pilkada Kepri, ada pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina, Ansar Ahmad-Ria Saptarika, Isdianto-Ria Saptarika dan Isdianto-Taba Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com