Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugus Tugas Jabar Bungkam soal Klaster Covid-19 Secapa AD Bandung

Kompas.com - 09/07/2020, 15:50 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat enggan banyak berkomentar banyak soal klaster penyebaran Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang berlokasi di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Jabar Daud Achmad tak mau berkomentar banyak soal perkembangan terbaru klaster tersebut. Daud mengatakan, kasus tersebut kini ditangani langsung oleh Mabes TNI.

"Itu ditangani oleh pihak TNI AD, termasuk pelacakan dan tindaklanjutnya juga bagaimana kemarin sudah disampaikan oleh Pak Gubernur dan kami masih konfirmasi terus hal ini," kata Daud dalam konferensi pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Warga Sekitar Secapa AD Tolak Rapid Test, Gugus Tugas: yang Datang hanya 28 Orang

Bahkan, proses pelacakan pun ditangani langsung oleh Mabes TNI.

Meski demikian, perkembangan jumlah kasus akan tetap masuk melalui aplikasi Pikobar. Daud pun enggan menjawab pertanyaan lanjutan dari wartawan seusai konferensi pers.

"Termasuk pelacakan dam tindaklanjutnya jadi kita terus memantau dari gugus tugas. Yang jelas kita harus waspada saja," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan yang merangkap Juru Bicara GTPP Covid-19 Jabar juga enggan berkomentar soal klaster Secapa AD.

Sementara Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Siska Gerfianti tak menjawab pertanyaan wartawan saat dihubungi lewat pesan singkat.

"Akan ada info terkini melalui Jubir masing-masing level Gugus Tugas hari ini. Tunggu berita saja. Nuhun," singkat Berli lewat pesan singkat.

Diberitakan sebelumnya, Secapa AD menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Berli Hamdani memperkirakan terdapat 200 siswa Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) positif terpapar Covid-19. Secapa AD berlokasi di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung.

Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers di Gudang Bulog, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (8/7/2020).

"Untuk jumlah yang terkena belum fiks, perkiraan di atas 200 yang terpapar," kata Berli.

Menurut Berli, tim gugus tugas tengah melakukam tes masif guna memutus rantai penyebaran.

Baca juga: 105 Siswa Secapa AD Positif Corona, Wali Kota Bandung Minta Puskesmas Tracing Warga Sekitar

 

Rencananya, tim gugus tugas Jabar juga akan melakukan tes masif dengan melakukan 10.000 pemeriksaan.

"Minggu ini kita menyelesaikan semua klaster atau potensi terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di Jabar. Sesuai arahan Pak Gubernur dalam rapat evaluasi gugus tugas selanjutnya akan kita lakukan masif tes, terhadap hampir 20-an lagi sekolah pendidikan kemiliteran yang ada di Provinsi Jabar," kata Berli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com