Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapid Test Penonton Rhoma Irama di Bawah Target, Ini Penjelasan Dinkes Kabupaten Bogor

Kompas.com - 08/07/2020, 06:46 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengakui bahwa rencana test Covid-19 terhadap penonton yang hadir di lokasi manggungnya Rhoma Irama tidak sesuai target awal.

Sebelumnya Dinkes memang menargetkan rapid test hingga tes usap tenggorokan (swab) sebanyak 500 peserta sesuai alat yang telah disediakan.

"Yang datangnya 303 orang. Ya kita menyiapkan (500) harus dong tapi kalau datangnya kan terserah mereka," kata Mike saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: 303 Penonton Rhoma Irama Jalani Rapid Test dan Hasilnya Non Reaktif

Menurutnya, rapid test Covid-19 yang digelar sejak pagi sampai siang itu sudah sesuai yang dilaporkan berdasarkan by name by address.

Begitu pula dengan mekanisme tracing yang dilakukan oleh Gugus Tugas tingkat desa hingga kecamatan serta tim Satgas Siaga Corona (Sisca).

Namun, kata dia, saat pelaksanaan terdapat banyak faktor sehingga sebagian warga yang telah dicatat tidak bisa hadir di lokasi tes atau tempat lokasi manggungnya Rhoma Irama.

Baca juga: Rhoma Irama Terancam Dihukum, Siapa di Balik Penampilannya di Bogor?

Lokasi penonton jauh, ke lokasi pun jalan kaki...

Dia menyebut bahwa salah satu hal yang menyebabkan yaitu akses ke lokasi cukup jauh berada di perbukitan dan tidak menutup kemungkinan semua warga tidak bisa sampai ke lokasi.

"Jauh banget jadi mungkin mereka sibuk kerja juga, ibu-ibu pada jalan, ya kita pahamilah, tapi yang penting mereka berniat ikut melaksanakan tes, baguslah kesadarannya sudah cukup baik," ungkapnya.

"Yang jelas tadi hadir ada 303 saja, itu juga satu-satu kita nungguin, karena masyarakat itu saya lihat dari pagi sampai siang masih jalan kaki, biasa orang desa kasianlah, kita juga harus memahami dong," imbuh dia menegaskan.

Baca juga: Kata Bupati Bogor soal Rhoma Irama Nekat Manggung: Proses Hukum Berjalan Terus

Kendati demikian, pihaknya akan mengupayakan untuk melakukan tes Covid-19 lanjutan kepada ratusan warga di sekitar lokasi hajatan yang diisi aksi panggung Rhoma Irama di Desa Cibunian itu.

Akan tetapi, kata perempuan berkacamata ini, tes Covid-19 lanjutan itu tidak serta merta dilaksanakan karena harus menunggu perkembangan dan perintah dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com