Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Tak Disiplin Jalankan Protokol, 12 Anak Terpapar Covid-19

Kompas.com - 07/07/2020, 09:59 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengemukakan sebanyak 12 orang anak di daerah itu terpapar Covid-19 dari orangtua yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan.

Anak-anak yang terpapar Covid-19 itu berasal dari umur yang beragam antara 1,5 tahun hingga 15 tahun. Saat ini 12 anak tersebut menjalani isolasi mandiri.

"Dari kalangan anak-anak ada 12 orang, untuk anak yang masih berumur 1,5 tahun agar diperhatikan penanganannya. Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri," kata Herwan.

Baca juga: Jumlah Anak Positif Covid-19 di Indonesia Tinggi, Orangtua Harus Apa?

Herwan mengatakan dari 12 anak yang terpapar ini diisolasi mandiri tidak dirawat di rumah sakit, terutama anak yang masih di bawah dua tahun harus diperhatikan pola makan dan merawatnya, karena anak umur 1,5 tahun ini hanya bisa diberikan ASl.

"Meski anak-anak ini dirawat di rumah atau melakukan isolasi secara mandiri kita akan tetap memantau kesehatannya, terutama anak yang masih di bawah 2 tahun, " jelas Herwan.

Herwan mengingatkan orang tua untuk disiplin menjalani protokol kesehatan dan melakukan edukasi terhadap anak agar kasus terpaparnya anak bisa ditekan. 

Selain itu orang tua juga harus terus menjaga kesehatan agar tidak tertular Covid-19 saat berkativitas di luar rumah.

"Umumnya anak-anak ini tertular pada orang tua mereka yang memiliki aktivitas tinggi di luar rumah, orang tua ini tidak menjalankan protokol kesehatan saat pulang ke rumah, dan akibatnya anak dan istri ikut tertular," tambah Herwan.

Baca juga: Anak dan Istri Hilmi Aminuddin Positif Corona, 41 Kerabat dan Pegawai Jalani Tes Swab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com