Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Perdana di Maluku Tenggara, 4 Warga Terkonfirmasi Covid-19

Kompas.com - 06/07/2020, 20:14 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Empat warga di Kabupaten Maluku Tenggara dinyatakan terkonfirmasi positif corona baru atau Covid-19, Senin (6/7/2020).

“Hari ini ada empat warga di Maluku Tenggara yang terkonfirmasi positif corona. Ini menjadi kasus pertama di Maluku Tenggara,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh kepada Kompas.com, Senin.

Keempat warga Maluku Tenggara yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu semuanya merupakan perempuan.

Meykal menuturkan, keempat warga tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab tenggorkan dengan menggunakan metode PCR.

Baca juga: Penularan Covid-19 Semakin Merajalela, Harap Warga Kembali Diam di Rumah

“Hari ini juga ada penambahan lima pasien positif di Kota Tual sehingga saat ini jumlahnya menjadi tujuh pasien,” kata dia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Maluku Tenggara, Katrinje Notanubun yang dikonfirmasi via telepon seluler membenarkan saat ini ada empat warga di wilayah tersebut yang telah positif terpapar corona.

“Benar, hari ini memang ada empat warga yang positif corona, ini kasus baru di sini,” kata Notanubun.

Ia menuturkan, empat warga Maluku Tenggara yang positif Covid-19 itu merupakan hasil tracing dari dua pasien asal Kota Tual yang sebelumnya positif terpapar corona.

Baca juga: 6 Tahanan di Jayapura Kabur, 3 Positif Covid-19

 

Setelah dua warga Tual dinyatakan positif, pihaknya langsung melakukan tracing dan terhadap 276 warga di wilayah tersebut.

“Satu pasien itu kan kerjanya di Maluku Tenggara, jadi setelah di-tracing dan dilakukan rapid test terhadap 276 orang yang diduga berkontak itu ada 13 yang hasilnya reaktif, dan setelah di swab ada empat yang positif,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com