Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Covid-19 Kabur dengan Kapal Feri, Semua Penumpang Dikarantina

Kompas.com - 06/07/2020, 14:39 WIB
Defriatno Neke,
Khairina

Tim Redaksi

 

WAKATOBI, KOMPAS.com – Semua penumpang kapal feri dengan rute Buton–Wakatobi terpaksa menjalani karantina di SDN 1 Pongo, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Senin (6/7/2020). 

Semua penumpang ini dikarantina disebabkan satu penumpang kapal feri, inisial HD, positif corona dan kabur saat hendak dibawa ke rumah sehat Gugus Covid Baubau.

“Di kapal tersebut ada warga yang terkonfirmasi positif, jadi mereka ini (semua penumpang) kita anggap kontak erat dengan salah satu pasien yang positif covid,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid Wakatobi, Muliaddin, Senin (6/7/2020). 

Baca juga: Euforia New Normal, Bupati Banyumas: Kita Harus Ngerem

Ke-74 penumpang kapal feri ini mulai menjalani karantina sejak Sabtu (4/7/2020) malam dan akan menjalani karantina selama dua minggu. 

Rencananya, semua penumpang akan menjalani tahap uji swab yang dilakukan tim Gugus Covid Wakatobi pada kamis  (11/7/2020).

“Jadi semua (penumpang ) harus diisolasi dan akan diperiksa agar 74 penumpang ini diketahui tertular atau tidak,” ujar Muliaddin. 

Sementara itu, menurut Juru Bicara Tim Gugus Covid 19 Kota Baubau, Lukman, pasien yang positif corona inisial HD (48), bertujuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit swasta.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan melalui rapid test hasilnya reaktif, sehingga diprogramkan untuk melakukan swab

“Selama menunggu swab, pasien ini di Baubau, namun hasil swab dinyatakan positif, pasien ini menolak untuk bertemu dan berhubungan dengan petugas kami,” ucap Lukman. 

Baca juga: Upacara di Lapangan Karebosi, Pj Walkot Makassar Ingin Kasus Covid-19 Landai Akhir Juli

Namun, Tim Gugus Tugas Covid Baubau terus berupaya mencari tahu keberadaan pasien HD hingga dilakukan koordinasi degan Tim Gugus Tugas Covid Wakatobi. 

“Akhirnya lewat informasi dari keluarga pasien, diketahui keberadaan pasien yang sedang melakukan perjalanan melalui kapal feri Bahteramas,” kata Lukman. 

Pasien HD kemudian dijemput Tim Gugus Tugas Covid Wakatobi dari atas kapal feri dan menjalani karantina di RSUD Wakatobi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com