Aplikasi Ini Bantu Orangtua Pastikan Keberadaan dan Aktivitas Anaknya

Kompas.com - 06/07/2020, 12:23 WIB
Kepala Dinas P dan K Cianjur Oting Zaenal Mutaqien KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANKepala Dinas P dan K Cianjur Oting Zaenal Mutaqien

CIANJUR, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meluncurkan program Edusmart.

Nantinya, program tersebut akan mulai diterapkan pada tahun ajaran baru di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur Oting Zaenal Mutaqien mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan orangtua, guru, dan pihak Dinas dalam memantau proses belajar mengajar siswa di sekolah.

Baca juga: Mengenal Keunikan Kerupuk Gurilem, Tiga Rasa yang Menggoyang Lidah

“Hingga saat ini sudah 100 SMP dan SMA di Cianjur yang telah menggunakan aplikasi ini,” kata Oting kepada wartawan di kantor BJB Cianjur.

Menurut Oting, lewat program atau aplikasi ini, orangtua siswa bisa mengawasi secara langsung aktivitas anaknya selama di lingkungan sekolah.

“Kalau nanti sekolah mulai masuk lagi, semua siswa harus fingerprint, saat masuk kelas dan pulang sekolah, sehingga orangtua siswa bisa tahu anaknya sekolah atau tidak, karena mereka bisa mengeceknya lewat fingerprint tersebut,” kata dia.

Baca juga: Pengakuan Pendaki yang Sempat Hilang di Gunung Guntur: Bisa Lihat Orang Lain tapi...

Menurut Oting, orangtua siswa juga bisa mengetahui jam pulang anaknya, sehingga bisa memperkirakan waktu anaknya pulang dan sampai ke rumah.

“Misalnya pulang jam 12.00, perkiraan sampai ke rumah jam berapa. Program ini juga merupakan salah satu upaya mencegah anak berkumpul dan berkerumun selepas sekolah yang bisa memicu aksi tawuran pelajar,” ujar Oting.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X