Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OTT Bupati Kutai Timur, Tim KPK Pinjam Ruang di Polresta Samarinda Periksa Saksi

Kompas.com - 03/07/2020, 13:25 WIB
Zakarias Demon Daton,
Khairina

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Tim KPK yang diturunkan ke Kutai Timur dan Samarinda di Kalimantan Timur sempat meminjam ruang di Polresta Samarinda memeriksa sejumlah saksi, Kamis (2/7/2020) malam.

“Tadi malam (Kamis malam) tim KPK sempat pinjam satu ruangan di Polresta Samarinda. Mereka menumpang untuk periksa sejumlah saksi,” ungkap Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arief Budiman saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/7/2020).

KPK melaporkan mengamankan sebanyak 15 orang dalam operasi tersebut termasuk Bupati Kutai Timur Ismunandar dan istrinya Encek Firgasih yang juga Ketua DPRD Kutai Timur.

Sebanyak delapan dari 15 orang tersebut diamankan di Kutai Timur dan Samarinda. Sedang tujuh lainnya diamankan di Jakarta.

Baca juga: KPK Tangkap Bupati Kutai Timur, Wagub Kaltim: Kaget Dengar Kabar Itu

Arief tak mengetahui persis jumlah orang yang diamankan dan periksa di ruang Polresta Samarinda. Karena tak mengetahui pasti duduk masalah.

“Periksa cepat malam. Paginya sudah berangkat lagi ke Jakarta sekitar pukul 06.00 Wita,” kata dia.

Untuk mengamankan ruangan yang dipinjam tim KPK, kata Arief dirinya menugaskan beberapa petugas polisi untuk mengamankan demi kelancaran pemeriksaan tersebut.

Baca juga: OTT KPK di Kaltim, Kantor Bupati Kutai Timur Disegel, Tak Ada yang Boleh Masuk

Diwartakan sebelumnya, selain mengamankan sejumlah pejabat termasuk Bupati Kutai Timur dan istrinya, KPK juga menyegel Rumah Jabatan Bupati dan ruang kerja Bupati di Kantor Bupati Kutai Timur pun disegel.

Selain itu, Kantor BPKAD Kutai Timur yakni di ruang kepala kantor dan ruang kabid Perbendaharaan dan ruang kerja Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutim juga disegel dengan plastik bertuliskan KPK RI.

Semua bangunan yang segel tersebut berada di kawasan pemerintahan Bukit Pelangi, Sangatta, Kutai Timur.

Kini  orang-orang yang diamankan KPK tengah menjalani pemeriksaan KPK di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com