Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Garuda yang Tergelincir di Makassar Telah Dievakuasi dan Sedang Diinvestigasi KNKT

Kompas.com - 02/07/2020, 09:44 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – General Manager Angkasa Pura 1 (GM AP 1) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Wahyudi mengungkapkan, jika pesawat Garuda berjenis Airbus A330 yang keluar dari landasan sebelum lepas landas telah berhasil dievakuasi.

“Pesawat sudah berhasil dievakuasi dan sekarang sudah terparkir. Sudah diperiksa pesawat, tidak ada kerusakan yang berarti akibat insiden tersebut,” katanya.

Wahyudi mengungkapkan, saat ini pesawat Garuda bernomor penerbangan GIA 613 tersebut sedang diperiksa dan diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Pesawat yang sudah diparkir itu lagi dipeiksa oleh KNKT. Kalau mengenai 14 orang penumpangnya yang batal terbang, saya belum tahu apakah sudah diberangkatkan dengan penerbangan lain atau belum. Itu kewenangannya pihak maskapai Garuda,” tuturnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Minta Maaf Pesawatnya Tergelincir di Makassar

Sebelumnya telah diberitakan, pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GIA 613 rute Makassar-Jakarta tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (1/7/2020) sekitar pukul 18.55 Wita.

Belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut. Dipastikan, tak ada korban jiwa dan kerusakan berarti pada pesawat.

Pesawat yang tergelincir tersebut bertujuan ke Jakarta tergelincir keluar landasan saat membelok ketika hendak lepas landas.

Baca juga: Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Makassar Angkut 14 Penumpang, Semua Selamat

Roda depan pesawat dan landing gear utama kiri keluar dari landasan saat berbelok untuk take off pada runway 21 Makassar.

Akibat insiden itu, 14 orang penumpang batal terbang ke Jakarta.

Sebagian penumpang diinapkan di hotel dan sebagian lagi penumpang memilih pulang ke rumahnya sambil menunggu jadwal penerbangan selanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com