Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Zoo Dibuka Mulai 5 Juli, Pengunjung Gratis Masuk Selama Masa Uji Coba

Kompas.com - 01/07/2020, 17:09 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Sejak 23 Maret 2020, Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan akan dibuka pada Minggu (5/7/2020).

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan Putrama Al Khairy mengatakan, selama empat hari sebelum resmi dibuka per 5 Juli, pengunjung diperbolehkan masuk secara gratis.

Selama empat hari tersebut, dimulai Selasa (01/07/2020), Medan Zoo melakukan uji coba penerapan new normal  sehingga pengunjung diperbolehkan masuk secara gratis.

“Hari ini kita memulai protokol kesehatan, selama 4 hari, dimulai hari ini, dan pengunjung free ke Medan Zoo dan ada proses uji coba dalam operasional Medan Zoo dengan cara new normal,” katanya kepada wartawan ketika ditemui di Medan Zoo, Selasa (01/07/2020) siang.

 Baca juga: Nasib Medan Zoo di Tengah Pandemi Corona, 200 Satwa Terancam Kelaparan, Pegawai Sampai Dirumahkan

Sarana yang dipersiapkan di Medan Zoo untuk pelaksanaan new normal itu seperti tempat cuci tangan dengan sabun yang diberikan oleh berbabgai pihak, alat pengukur suhu badan. 

Manajemen juga mewajibkan pegawai dan pengunjung untuk menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Petugas, kata dia, akan membubarkan kerumunan pengunjung di lingkungan Medan Zoo.

“Medan Zoo ini sangat luas, 30 hektar. Kalau (yang berkerumun) disebar kan bisa sehingga tidak berdesak-desakan,” katanya.

 Baca juga: Misteri Matinya Gajah Neneng di Medan Zoo, karena Tua atau karena Sering Ditunggangi?

Dijelaskannya, pada hari Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa mencapai hingga 2.000 – 2.500 orang.

Bahkan pada saat Lebaran, jumlahnya dapat meningkat empat atau lima kali per hari.  Selama empat hari masa percobaan, pihaknya akan mengevaluasi apakah akan ada pembatasan jumlah pengunjung atau tidak.

“Kita akan evaluasi, apakah animo masyarakat besar sehingga harus dibatasi. lokasi) Medan Zoo ini jauh, tiba-tiba kita batasi, yang datang kemari juga merasa kecewa. Jadi evaluasi secara bertahap,” katanya.

Usia di atas 60 tahun dan balita dilarang berkunjung

Selain penerapan protokol kesehatan, dimulai dari tanggal 5 selama sebulan penuh, kemungkinan pihaknya akan melarang pengunjung berusia di atas 60 tahun dan balita untuk memasuki Medan Zoo.

“Agar bisa jaga penyakit yang akan diderita oleh para usia yang potensial untuk mendapatkan penyakit,” katanya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com