Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Harimau Sumatera Mati di Kawasan Perkebunan

Kompas.com - 29/06/2020, 15:16 WIB
Raja Umar,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati di kawasan perkebunan di Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

“Benar, ada harimau ditemukan mati di Aceh Selatan, tapi kami sedang mengumpulkan data lengkapnya,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Ariyanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Ini Alasan Keluarga Ambil Paksa Jenazah dan Pukul Tenaga Medis

Agus menyebutkan, untuk mengetahui penyebab kematian harimau, saat ini tim medis dari BKSDA Aceh sedang bergerak menuju ke lokasi, untuk melakukan nekropsi atau pembedahan terhadap bangkai harimau.

“Tim kami sedang meluncur ke lokasi untuk melakukan nekropsi terhadap bangkai harimau yang ditemukan itu, sehingga akan diketahui penyebab kematian, perkiraan umur dan jenis kelamin. Detail hasilnya nanti akan dirilis,” kata Agus.

Beberapa waktu lalu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh menangkap empat tersangka perdagangan harimau sumatera (Panthare tigris sumatrae).

Baca juga: Harimau Sumatera Mati Setelah Makan Umpan Kambing Beracun, Kulit Kepala dan Taring Hilang

Polisi mengamankan barang bukti berupa bagian tubuh satwa dilindungi tersebut.

Dari hasil penyelidikan, diketahui ada ada beberapa orang yang sedang menunggu pembeli kulit, bagian tubuh harimau dan beruang madu.

Berdasarkan pengakuan para tersangka, mereka membuka harga penawaran terhadap bagian tubuh satwa dilindungi tersebut dengan harga Rp100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com