Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Keluarga di Ambon yang Terlibat Pemakaman Pasien Covid-19 Dilacak

Kompas.com - 26/06/2020, 21:36 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku memastikan seluruh anggota keluarga yang terlibat dalam proses pemakaman pasien positif corona tanpa protokol kesehatan akan di-tracing dan rapid test.

Selain melakukan tracing dan rapid test bagi keluarga yang terlibat dalam proses pemakaman, gugus tugas juga akan melakukan tracing bagi mereka yang terlibat dalam aksi pengambilan paksa terhadap jenazah saat sedang diantar dengan ambulans Jumat (26/6/2020) sore.

“Iya pasti akan dilakukan,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di lokasi pemakaman korban di kawasan Warasia, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon, Jumat malam.

Kasrul mengatakan, terkait insiden tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi sebab insiden yang terjadi itu diluar perkiraan dan sangat tidak terkendali.

Baca juga: Cegat Ambulans, Keluarga Ambil Paksa Jenazah Covid-19 yang Akan Dimakamkan

 

Ia juga mengaku sangat menyayangkan insiden tersebut bisa terjadi.

“Ini juga akan jadi bahan evaluasi gugus tugas mengapa sampai bisa terjadi seperti begitu  dan kami berharap tidak akan terjadi lagi,” ujar dia.

“Ini tentunya jadi pembelajaran buat kita ya, dan gugus tugas mengimbau kepada masyarakat supaya percaya kepada gugus tuga karena ini dalam rangka pencegahan, jangan sampai ini (virus) tertular kepada keluarga atau orang-orang di sekitar,” kata dia.

Senada dengan Kasrul, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang juga berharap kasus tersebut menjadi kasus yang terakhir di Maluku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com