Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Todak di Lingga Jadi Lokasi Latihan Tempur TNI AL

Kompas.com - 26/06/2020, 20:51 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LINGGA, KOMPAS.com - Pantai Todak di Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan kembali dijadikan lokasi latihan personel TNI Angkatan Laut.

Komandan Pangkalan TNI AL Dabo Letkol Laut (P) Zul Fahmi mengatakan, Pantai Todak akan kembali dijadikan lokasi latihan tempur personel TNI AL.

Pada hari ini, Jumat (26/6/2020), sembilan perwira dari Mabes TNI AL telah tiba dan melakukan survei di Pantai Todak Dabo Singkep.

"Rombongan telah melakukan survei terhadap daerah latihan tempur TNI AL yang berada di Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep," kata Zul kepada wartawan, Jumat (26/6/2020).

Adapun 9 perwira TNI AL yang melakukan survei tersebut bertujuan untuk mendapatkan sejumlah data yang sesuai bidang dan keahlian mereka masing-masing.

Nantinya hal itu akan dijadikan referensi dalam penyelenggaraan latihan setelah melaksanakan survei di lokasi latihan TNI AL Dabo Singkep tersebut.

Survei yang dilakukan di antaranya untuk menentukan lokasi pendaratan.

"Selain itu, data yang diperoleh juga berkaitan daya dukung wilayah yang dapat diberdayakan untuk mendukung operasi militer. Seperti fasilitas bandara, pelabuhan, rumah sakit serta instansi pemerintah lainnya baik sipil, TNI dan Polri," kata Zul.

Kegiatan survei daerah latihan tersebut merupakan tahap pendahuluan untuk mendukung rencana penyelenggaraan latihan pendaratan amfibi yang akan melibatkan sejumlah KRI jajaran Komando Armada I dan kekuatan marinir yang direncanakan dan dipimpin oleh Panglima Koarmada I dalam waktu dekat.

Bahkan, dalam pelaksanaan kegiatan latihan nantinya juga akan diadakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat sekitar.

"Bakti sosial yang akan dilakukan diantaranya pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan, serta beberapa kegiatan lainnya yang dipusatkan di lapangan sepak bola Dusun Kebun Nyiur, Desa Batu Berdaun," kata Zul Fahmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com