Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UGM Kembangkan Alat Deteksi Covid-19, Signifikansinya sampai 95 Persen

Kompas.com - 26/06/2020, 14:27 WIB
Wijaya Kusuma,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Suparta mengembangkan alat deteksi Covid-19 melalui radiografi digital.

Bayu yang mengajar di Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM mengatakan, alat radiografi digital ini bisa membuktikan seseorang terpapar virus dengan melihat struktur paru-paru pasien.

"Bila terkena virus corona maka paru-parunya menjadi rusak. Intinya lewat radiografi, signifikansinya sampai 95 persen," ujar Bayu Suparta dalam keterangan Humas UGM, Kamis (25/06/2020).

Baca juga: Kajian UGM, 3 Klaster Besar Penularan Corona di Yogyakarta dari Kegiatan Keagamaan

Bayu mengungkapkan penelitian riset radiografi digital ini sudah dilakukannya sejak 30 tahun lalu. Bahkan penelitiannya sudah diluncurkan pada 15 tahun lalu.

Namun hingga sekarang belum sempat dihilirisasi hingga akhirnya diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan puluhan produk inovasi lainnya pada 20 Mei 2020 di Istana Negara.

Puluhan produk inovasi ini diluncurkan dan digunakan untuk membantu penanggulangan wabah Covid-19.

"Ketika diluncurkan, saya pikir ini tidak main-main. Saya bersama tim bekerja keras menyempurnakan alat ini," ungkapnya.

Baca juga: Guru Besar Farmasi UGM: Ini Terapi Penyembuhan Covid-19

Hingga saat ini, sudah ada tiga alat radiografi digital yang sudah diproduksi untuk keperluan mendapatkan izin produksi, izin edar dan uji coba ke pengguna.

Satu di antaranya menggunakan merek Madeena atau Made in Ina (Indonesia), alat ini sudah dipakai di Rumah Sakit Tabanan Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com