Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kelompok Massa dari FPI dan PDI-P Gelar Unjuk Rasa di Alun-alun Purwokerto

Kompas.com - 26/06/2020, 13:25 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dua kelompok massa menggelar aksi secara bersamaan di kompleks Alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (26/6/2020).

Di sisi barat, sekitar 500 orang dari Koalisi Masyarakat Pancasila Anti Komunias (Kompak) Banyumas Raya menuntut pemerintah membatalkan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Selain itu, massa yang berasal dari elemen Front Pembela Islam (FPI) dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) tersebut melakukan aksi serupa.

Baca juga: Bendera PDI-P Dibakar, PA 212: Silakan Mengambil Jalur Hukum

Sementara itu, ratusan orang dari PDI-P juga tampak berkumpul di sisi tengah atau di depan pintu gerbang Pendapa Sipanji.

Aksi kedua kelompok massa itu mendapat pengamanan ketat dari kepolisian.

Aksi dari kelompok Kompak dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB setelah ditemui pimpinan DPRD Banyumas beserta kapolresta dan dandim.

Demikian pula dengan massa dari PDI-P juga turut membubarkan diri.

"Bagi kami, Pancasila sudah final, tidak perlu diperas lagi menjadi trisula atau ekasila. Tuntutan kami adalah menolak, mencabut RUU HIP, dan menolak paham komunisme dan NKRI," kata Koordinator aksi dari Kompas Banyumas Raya Ahmad Zaenudin Abas.

Baca juga: Ganjar soal Pembakaran Bendera PDI-P: Tidak Setuju Boleh, Tapi Merusak Janganlah

Sementara itu, Ketua PDI-P Banyumas Budhi Setiyawan mengatakan, kedatangan massa PDI-P bertujuan untuk mengantisipasi terulangnya pembakaran bendera PDI-P.

"Hari ini kan ada unjuk rasa penyampaian dari kelompok mereka. Kami di sini hanya ingin nonton saja supaya kasus seperti yang terjadi di Jakarta, di mana ada pembakaran bendera PDI-P, tidak terjadi di sini," ujar Budhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com