Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Massal Corona di Bandung Selama 2 Hari, 5 Orang Positif

Kompas.com - 26/06/2020, 12:51 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar menggelar tes massal Covid-19 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (26/6/2020).

Tes massal itu dilakukan selama tiga hari sejak Kamis (25/6/2020) kemarin hingga Sabtu (27/6/2020) besok.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pemeriksaan hari ini dilakukan bagi masyarakat umum di area Gedung Sate.

Baca juga: PSBB di Jawa Barat Dinyatakan Selesai

 

Pemeriksaan serupa nantinya akan dilakukan di sejumlah titik lainnya.

Pengetesan dibagi dua tahap, pertama rapid test. Jika ada yang hasilnya reaktif, maka dilanjutkan tes swab.

"Hari ini selama tiga hari dari kemarin, dan besok ada pengetesan kepada masyarakat di Gedung Sate. Nanti akan diteruskan di wilayah Jabar lainnya. Terdiri dari dua prosedur, rapid test kalau ada yang reaktif dalam waktu bersamaan akan ada dua mobil dengan mesin PCR yang akan langsung melakukan swab," kata Emil, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, selama pemeriksaan di Bandung hingga hari ini, sedikitnya lima orang dinyatakan positif.

"Per hari ini dari sekian banyak yang reaktif tak terlalu besar tapi ada yang ditemukan positif tiga orang dan sudah dirujuk ke rumah sakit di Kota Bandung. Jadi positif lima di Cijerah, kemarin tiga. Agresif pengetesan harus terus dilakukan selama AKB ini," ucap Emil.

Hingga pukul 10.00 WIB, tercatat 322 orang yang diambil sampelnya, dan 8 orang dinyatakan reaktif. Sementara pada pemeriksaan sehari sebelumnya (25/6) di Gedung Promosi, Kecamatan Bandung Kulon dari 475 warga yang diperiksa, 17 reaktif dan lima orang dinyatakan positif Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Emil juga menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 kepada BIN. Salah satunya, soal semakin berkurangnya jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan.

"Tadi saya laporkan ke BIN 80 persen berita baik 20 persen kewaspadaan yang harus ditingkatkan. Rumah sakit juga tinggal 27 persen keterisian. Dokter relatif lebih baik dan tidak terlalu stres dengan beban," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, gugus tugas Jabar akan fokus melakukan pengetesan massal di tiga zona, pariwisata, pasar dan stasiun atau terminal.

"Tinggal tiga hal saja pasar yang kita waspadai, pariwisata, titik berangkat datang dan pergi terminal dan stasiun. Tiga inilah yang akan mengiringi pengetesan baik yang 627 ambulans yang disulap jadi mobil Covid tes maupun skala canggih BSL 2 dan 3 yang sudah kita operasikan," paparnya.

Baca juga: Jabar Fokus Gelar Tes Masif Covid-19 di Pasar Hingga Tempat Wisata

Sementara itu, Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI Suyanto menjelaskan, dalam pengetesan massal ini ia membawa 40 tim medis dan dokter dengan membawa dua unit mobil laboratorium.

"Diharapkan dengan adanya tes ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid di Jabar. Kami mungkin akan ke tempat lain dikomunikasikan dengan gugus tugas berdasarkan hasil survei di zona hitam, merah atau kuning," jelasnya.

Catatan:

Judul dikoreksi dari awalnya 8 orang positif menjadi 5 orang. Demikian, kesalahan sudah diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com