Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Rusak Berlumpur Ditanami Pisang dan Sawit, Ini Kata Dinas PU Riau

Kompas.com - 26/06/2020, 11:59 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Jalan lintas provinsi di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, mengalami rusak parah hingga ditanami pisang dan sawit sebagai bentuk kekecewaan warga setempat.

Menanggapi protes warga ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan perbaikan jalan rusak sepanjang satu kilometer tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, M Taufiq OH dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Kesal Jalan Rusak Berlumpur Tak Juga Diperbaiki, Warga Tanam Pisang dan Sawit

Taufiq mengakui memang kondisi jalan provinsi di Desa Sontang menuju Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, mengalami kerusakan dan berlumpur jika hujan.

"Kami sadari bahwa target kegiatan sangat minim, hal ini akan kami usahakan dengan optimal untuk menjaga fungsional ruas jalan provinsi di Desa Sontang," ucap Taufiq.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau ini menyatakan, sebagai bukti keseriusan, Dinas PUPR-PKPP Riau juga telah mengusulkan peningkatan ruas jalan tersebut pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 sebagai perhatian Pemprov Riau selanjutnya.

Ia berharap masyarakat dapat memaklumi kekuatan anggaran provinsi pada saat ini, karena pemerintah tengah fokus menangani pandemi Covid-19.

Baca juga: Kesal Jalan Tak Juga Diperbaiki, Warga Tanam Pisang di Jalur Trans Sulawesi

"Tapi kami tidak mengeyampingkan kegiatan prioritas, dan kami selalu berusaha sekuat tenaga supaya jalan tersebut dapat fungsional secara baik dan optimal," ucap Taufiq.

Untuk jalan tersebut, sambung dia, akan dirawat fungsional terlebih dahulu. Pihaknya mengaku saat ini sedang pengerjaan jalan di Kecamatan Ujung Batu, Rohul.

Setelah itu, dengan waktu tak begitu lama akan kerahkan alat untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Kemudian kita akan anggarkan di APBD 2021 untuk peningkatan jalan Sontang-Duri," kata Taufiq.

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, tanam pisang dan sawit di jalan yang rusak di wilayahnya, Rabu (24/6/2020).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes warga terhadap pemerintah yang tak kunjung memperbaiki jalan tersebut.

Jalan rusak yang ditanami pohon pisang dan sawit tersebut, merupakan jalan lintas provinsi yang menghubungkan Desa Sontang ke Desa Kasang Padang. Jalan itu juga salah satu akse Riau ke Sumatera Utara (Sumut).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com