Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang dari Malaysia, TKI asal Jatinangor Diminta Isolasi Mandiri

Kompas.com - 26/06/2020, 11:45 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia bernama Iros (48) tiba di kampung halamannya di Dusun Citanggulun RT 09/03, Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (26/6/2020).

Setibanya di rumah, Pemerintah Kecamatan Jatinangor meminta Iros untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar mengatakan, Iros diperbolehkan pulang ke Jatinangor setelah selama satu minggu dikarantina di Batam.

"Setibanya di Indonesia dari Malaysia, Ibu Iros menjalani karantina di Batam selama sepekan. Pihak berwenang di Batam memperbolehkannya pulang ke Jatinangor karena kondisinya sehat," ujar Syarif kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Geger Anak Kambing Bermata Satu di Sumedang, Proses Lahir Lama hingga Dilaporkan ke Dinas

Syarif menuturkan, meski sudah dinyatakan sehat, namun untuk memastikan kondisinya, kondisi kesehatan Iros sudah diperiksa oleh Puskesmas Jatinangor.

Selain itu, kata Syarif, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, Iros sudah diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya.

"Setibanya di sini, kami langsung meminta Ibu Iros untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu, jangan dulu keluar rumah selama 14 hari terhitung sejak kedatangannya hari kemarin," tutur Syarif.

Syarif menyebutkan, untuk memastikan Iros dan keluarganya disiplin melakukan isolasi mandiri, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kecamatan Jatinangor juga menyerahkan bantuan paket sembako.

"Selain meminta Ibu Iros dan keluarga disiplin melakukan isolasi mandiri, kami berikan bantuan paket sembako," sebut Syarif.

Baca juga: Heboh Domba Bermata Satu di Sumedang, Hanya Sanggup Hidup 28 Jam

Syarif menyebutkan, pihak Puskesmas Jatinangor juga akan melakukan rapid test kepada Iros dan keluarganya, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terinfeksi Covid-19.

"Untuk memastikan aman dari Covid-19, nanti dari Puskesmas juga akan melakukan Rapid tes kepada Iros dan seluruh keluarganya," sebut Syarif.

Kanit Intel Polsek Jatinangor Ipda Ucu Abdurrahman menambahkan, selain isolasi mandiri, keluarga Iros wajib menerapkan protokol kesehatan saat hendak beraktivitas di luar rumah.

"Kami tekankan agar Ibu Iros disiplin melakukan isolasi. Jika mendesak harus keluar rumah, wajib menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan ini wajib dipatuhi pendatang setibanya di Jatinangor," kata Ucu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com